Ibukota

Pemprov DKI Sudah Turunkan Alat Berat untuk Tertibkan Pemukiman Liar Luar Batang

luar batang

Ayonews, Jakarta

Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok segera menertibkan permukiman liar di kawasan Kampung Luar Batang, Jakarta Utara, pada 11 April 2016. Sejumlah alat berat yang akan digunakan untuk menertibkan pemukiman liar itu telah disiagakan.

Dalam pantauanm Ayonews, sejumlah alat berat telah disiapkan untuk menertibkan pemukiman liar di kawasan Luar Batang. Ada 8 kendaraan berat yang sudah disiagakan dari Pemprov DKI, ada yang sudah dari minggu lalu dan tadi datang beberapa lagi. Warga yang menempati rumah-rumah liar juga pasrah. Mereka mulai membereskan bangunan miliknya sendiri, Kamis (7/4/2016) malam.

 

Suasana seperti ini mengingatkan  peristiwa pengguran Kalijodo saat akan dilakukan penertiban. Beberapa posko gabungan juga sudah berdiri di lokasi.

Kepala Satuan Pol PP Jopan Royter mengatakan belum mendapatkan perintah untuk menyiagakan petugasnya untuk menertibkan permukiman liar di kawasan Luar Batang. Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi belum merespons ketika dihubungi via telepon seluler.

“Belum ada perintah, nanti saya cek informasinya,” kata Jopan saat dikonfirmasi.

Sebagaimana diketahui, Ahok akan segera menertibkan permukiman liar di kawasan dekat Pelabuhan Sunda Kelapa-Pasar Ikan-Museum Bahari, Jakarta Utara itu. Pembongkaran itu dilakukan untuk mempercantik kawasan Pasar Heksagonal peninggalan Belanda untuk dihidupkan kembali menjadi tempat berjualan pedagang secara tertib.

“Bukan Luar Batang sebetulnya (yang bakal kena penertiban). Lebih cocok kalimatnya itu adalah Pasar Ikan dan Museum (dekat Museum Bahari -red),” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Bila sudah tertata rapi, orang-orang yang mendarat dari Pelabuhan Sunda Kelapa bisa bersandar dengan nyaman, karena bantaran Pelabuhan akan dipasangi dinding turap (sheetpile). Pengunjung dari Pelabuhan bakal disambut dengan plaza (alun-alun) yang lebar. Masjid Luar Batang akan langsung terlihat dari plaza ini.(***)

Most Popular

To Top