Nasional

Kelompok Santoso Mulai Menyebar ke Perkampungan Warga

teroris-posos-627x313

Ayonews, Poso

Operasi Tinombala 2016 sejauh ini masih berupaya untuk melacak keberadaan kelompok Santoso di wilayah hutan pengunungan Kabupaten Poso. Namun, sampai saat ini kepastian keberadaan kelompok itu justru semakin sulit dipastikan.

Pada awal Maret 2016 tim Operasi Tinombala mengklaim kelompok Santoso telah terkepung di hutan pegunungan desa Torire, Kecamatan Lore Tengah. Tapi kini, keberadaan kelompok itu justru bisa berada di mana saja yang menjadi wilayah pelaksanaan Operasi Tinombala 2016.

Untuk diketahui, pada 21 maret 2016, seorang DPO anggota kelompok Santoso yang sedang meminta makan kepada masyarakat ditangkap di Wuasa, Kecamatan Lore Utara oleh anggota personel TNI. Berselang 4 hari kemudian, giliran warga di Desa Tamadue, Kecamatan Lore Timur melaporkan kehadiran dua orang tidak dikenal yang meminta makan pada 25 maret 2016.

Pada 1 April, giliran warga Sangginora di Kecamatan Poso Pesisir Selatan dikejutkan kehadiran empat orang tidak dikenal yang dua di antaranya bersenjata api.

Penanggungjawab Operasi Tinombala 2016 Brigjend Rudi Sufahriadi, Kapolda Sulawesi Tengah membenarkan kemunculan OTK itu, tapi ia menyebutnya masih dalam wilayah operasi.

“Betul warga menemukan beberapa OTK yang ada di wilayahnya, kita tetap melakukan pengejaran, tapi dia tetap masih dalam tempat yang kami awasi, karena tempatnya cukup luas, dia masih di dalam itu (wilayah operasi), dan ini kita lakukan perubahan strategi,” ujar Rudi, Kamis (7/4/2016).

Rudi belum bisa memastikan apakah kelompok itu masih terkepung di wilayah hutan pegunungan Lore Tengah ataupun Lore Peore, yang sepanjang Maret menjadi fokus perburuan kelompok itu. “Ya itu sudah teknis, saya tidak boleh sampaikan kepada media, supaya nanti simpatisan yang ada di bawah juga tidak tahu, dia (kelompok Santoso) ada dimana,” katanya.

Perburuan kelompok santoso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dalam bingkai Operasi Tinombala 2016 digelar di Kecamatan Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, serta di lembah napu yang meliputi kecamatan Lore Timur, Lore Peore, Lore Utara, dan Lore Tengah. Operasi itu juga meliputi wilayah Sausu di Kabupaten Parigi Maoutong.(***)

Most Popular

To Top