Korupsi

Pemeriksaan Perdana Suap Agung Podomoro, KPK Periksa Sanusi

sanusiAyonews, Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan jadwal pemeriksaan perdana untuk Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi pada Selasa (5/4).

Sanusi ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima hadiah atau janji terkait pembahasan raperda tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil provinsi DKI Jakarta tahun 2015-2035 dan raperda tentang rencana tata ruang kawasan strategis Pantai Jakarta Utara.

“MSN akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka AWJ,” ujar Plh Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati di Jakarta.

Pemeriksaan terhadap Sanusi adalah pertama kalinya dilakukan lembaga antirasuah usai melakukan operasi tangkap tangan dan langsung menetapkannya sebagai tersangka setelah melakukan pemeriksaan intensif selama 1×24 jam.

Selain Sanusi, KPK juga menetapkan Presiden Direktur PT Agung Podoromo Land, Ariesman Widjaja dan Trinanda Prihantoro selaku karyawan PT APL sebagai pemberi hadiah atau janji.

Ariesman melalui karyawannya Trinanda Prihantoro memberikan sejumlah uang kepada Mohamad Sanusi untuk memuluskan usahanya. Uang senilai Rp 1 miliar dan Rp 140 juta diberikan sebagai hadiah dari total suap Rp 2 miliar untuk penyelenggara negara yang mewakilinya pembahasan tersebut. (***)

Most Popular

To Top