Ibukota

Tenang Bung Ahok, ini Pengurus Masjid Cuma Ngambek Aja Dengar Isu Tidak Benar

20160402_130354

Ustad Mansur Amin, Sekretaris Masjid Jami Luar Batang. Foto: Ayonews

Ayonews, Jakarta
Rencana penertiban dan revitalisasi Kampung Luar Batang berkembang ke isu penggusursan Masjid Jami Luar Batang, masjid bersejarah yang terdapat makam ulama besar Habib Husin bin Abubakar bin Abdullah Alaydrus. Lagi-lagi akibat isu yang dilontarkan orang yang tak bertanggungjawab membuat Gubernur Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok disalahkan.

Padahal, Ahok menegaskan berkali-kali bahwa dirinya tidak akan memerintahkan anak buahnya untuk menggusur masjid bernilai sejarah itu. Ahok sendiri merasa difitnah dengan makin melebarnya isu Luar Batang.

“Jadi tolong jangan pakai fitnah, pakai bilang mau gusur makam. Itu bahaya,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

20160402_132338

Ahok justru menegaskan kalau dirinya lah yang telah membuat kondisi Masjid itu lebih baik dibanding sebelumnya. Ahok mempersilakan publik untuk mengeceknya langsung bila kurang percaya.‬ ‪”Masjid Luar Batang yang bikin bagus siapa? Nih (saya sendiri). Lu tanya saja sama muazinnya semua,” kata Ahok.

Sekretaris Masjid Jami Keramat Luar Batang Ustad Mansur Amin, Sabtu (2/4/2016) membenarkan kalau akhir tahun kemarin ada proyek renovasi masjid yang meliputi pengecatan, pemasangan lampu dan penggantian karpet masjid.

karpet

“Yang saya tahu ada pengusaha bernama Haryanto yang merenovasi masjid ini. Baru belakangan tahu kalau pengusaha itu memang diminta Ahok untuk merenovasi masjid. Katanya dari dana CSR,” kata Ustad Mansur.

Menurut Ustad Mansur, pengecatan sendiri dilakukan ke seluruh bangunan masjid, makam sampai menara atas. “Karpet masjid juga baru diganti sama Pak Haryanto itu. Kalau lampu-lampu memang penambahan saja supaya lebih terang lagi kalau malam hari,” tambah Ustad Mansur.

Hanya saja, akibat bergulirnya isu penggusuran masjid Luar Batang membuat ia dan warga sekitar resah. “Ini kan surat yang mengedarkan camat. Di surat edaran itu jelas tertulis revitalisasi kawasan wisata Sunda Kelapa, Museum Bahari, dan Luar Batang yang meliputi RW 01, 02, 03, 04, kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Yang kami tangkap, masjid ini juga kena gusur,” jelas UIstad Mansur.

20160402_132249

Ustad Mansur yang mengaku keturunan Tionghoa ini mengaku sempat kesal dengan isu adanya upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk menggusur makam dan masjid bersejarah Luar Batang.

“Kami tidak benci Ahok. Bagaimana pun dia pemimpin kami di Jakarta ini. Ibaratnya, Ahok ini bapak kami. Kami ini anaknya sebagai rakyat. Tapi anak yang lagi ngambek sama bapaknya,” ujarnya.

Husin Bin Hasan Alaydrus keturunan Habib Husin bin Abubakar bin Abdullah Alaydrus pun terpaksa turun tangan untuk meluruskan kabar tidak benar bahwa Ahok akan menggusur makam dan masjid tersebut.

“Masjid Luar Batang termasuk makam keramat yang ada di dalamnya tidak akan terkena rencana penggusuran oleh Pemerintah Provinsi DKI yang ingin menjadikan wilayah itu lahan terbuka Dari layar televisi Ahok bilang tidak akan bongkar masjid Luar Batang. Itu menurut saya sudah menjadi pegangan,” kata Husin .

Pemda DKI kata Husin sebenarnya memperhatikan kawasan masjid Luar Batang. Bahkan, katanya, Gubernur Ali Sadikin pernah menjanjikan membangun jalan masuk langsung ke kawasan masjid. “Tapi hingga kini belum terealisasi,” kata Husin.

Husin mengaku menunggu terealisasinya janji yang pernah diutarakan Gubernur Jakarta ke-9 tersebut. Orang nomor satu sepeninggal Ali katanya juga kerap menyambangi masjid Luar Batang dan memberikan janji soal pembangunan jalan masuk. “Saya masih menunggu dibangunnya jalan masuk ke masjid. Untuk kepentingan umat juga,” kata dia.

Camat Penjaringan yang mewakili Pemda DKI mengeluarkan surat pemberintahuan soal penertiban Kampung Luar Batang pada tanggal 24 Maret 2016. Surat itu menyebutkan para pemilik bangunan, tempat usaha, penduduk pengontrak rumah di kawasan Pasar Ikan dan Luar Batang yang meliputi wilayah RW 01, 02, 03, dan 04 bakal terkena penertiban.(***)

Most Popular

To Top