Korupsi

Selain Sanusi, KPK Siap Tangkap Anggota DPRD DKI Lainnya

2016-04-01 12.52.03

Ayonews, Jakarta

Selain Ketua Komisi D  DPRD DKI M Sanusi, KPK memastikan adapihak lain termasuk anggota DPRD DKI Jakarta yang terlibat dalam kasus suap pembahasan Raperda soal reklamasi Teluk Jakarta.

“Pasti ada (keterkaitan anggota DPRD DKI lainnya),” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2016).

Menurut Agus, pihak-pihak lain yang disebutnya itu pernah pula diusut. Dia pun menegaskan bahwa untuk menemukan pihak lain itu sangat mudah dilakukan.

“Sebetulnya pihak lain, juga saudara ingat kita pernah mau melakukan, ada langkah-langkah yang pernah kita mau lakukan. Sangat mudah menemukan pihak ini,” ujar Agus.

Agus menyebut nantinya pihak lain itu akan dijerat dalam pengembangan kasus. Namun sayangnya Agus tidak menjelaskan secara jelas siapa pihak lain yang dimaksud.

“Mudah-mudahan dari perkembangan yang kita lakukan semoga bisa kita temukan, koneksikan pihak-pihak terkait,” kata Agus.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan 3 orang tersangka yaitu Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (PT APL) Ariesman Widjaja, M Sanusi selaku Ketua Komisi D DPRD DKI serta Trinanda Prihantoro selaku karyawan PT APL.

Ariesman dan Trinanda disangka sebagai penyuap dalam pembahasan Raperda tentang Zonasi wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Provinsi Jakarta 2015-2035 dan Raperda tentang Rencana Kawasan Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Jakarta Utara.

Dari tangan Sanusi, tim KPK menyita uang sebesar Rp 1,140 miliar. Dari duit itu, sekitar Rp 140 juta merupakan sisa dari pemberian pertama. Sedangkan, pemberian pertama sendiri dilakukan pada 28 Maret 2016 sebesar Rp 1 miliar.(***)

Most Popular

To Top