Entertainment

April Mop : Kena Deh!

Ayonews, Jakarta

Apakah April Mop itu?

Banyak yang mengatakan bahwa hari dimana berbohong itu diperbolehkan. Banyak yang menduga bahwa hari saling jahil menjahili ini dimulai sejak abad ke 16 di Prancis. Dulu, dipercaya bahwa tahun baru itu jatuh pada tanggal 1 April, namun pada tahun 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru seperti yang kita pakai sekarang. Bagi orang-orang yang belum mendengar atau tidak percaya atas perubahan ini kerap merayakan tahun baru pada tanggat 1 April. Oleh karena itulah, orang-orang tersebutlah yang mendapatkan julukan April Fools atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Namun, terdapat pemikiran lain yang mengatakan bahwa April Mop ini dimulai sejak pada jaman Romawi kuno karena mereka merayakan festival Ceres pada awal bulan April. Ceres ialah dewi panen yang putrinya diculik oleh dewa dunia gaib bernama Pluto. Diceritakan bahwa Ceres kerap mengikuti gema suara teriakan anaknya yang merupakan mustahil karena sulit untuk menemukan sumber suaranya. Oleh karena itu, ia dianggap melakukan sesuatu yang bodoh.

Kebiasaan ini diduga menyebar dari Perancis hingga Amerika. Lucunya, terdapat banyak sebutan untuk hari penuh lelucon ini di setiap negara, seperti Perancis yang menyebutnya sebagai Poisson d’avril atau ikan April dikarenakan orang mereka percaya bahwa ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu. Lain pula dengan Skotlandia yang menamakannya April Gowk yang melambangkan burung tekukur sebagai kepolosan.

Tertarik untuk ikut serta? (NA)

Most Popular

To Top