Ekonomi

Semua Serba Izin…Izin…Izin..Kebanyakan Izin Menghambat Dunia Usaha

890134_10070808112015_Jokowi

Ayonews, Jakarta

Seluruh jajaran pemerintah harus memiliki orientasi terhadap hasil. Bukan pada prosedur perizinan yang malah menghambat dunia usaha.

“Orientasi kita bukan prosedur. Orientasi kita harus hasil,” kata Presiden Joko Widodo dalam Dialog Publik “Membangun Ekonomi Indonesia yang Berdaya Saing” di Balai Kartini, Kuningan, Rabu (30/3/2016).

Jokowi mengingatkan bahwa Perpres, PP, Permen, hingga Perda dibuat oleh pemerintah sendiri. Karena itu, semua aparat pemerintah harus berpikir untuk menyederhanakan aturan.

Presiden memberi contoh prosedur mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang panjang dan merepotkan.

“Jangan semua izin, izin, izin. Dipikir ngurus ijin mudah? Saya mengalami. Ngurus SIUP itu dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan baru ke Dinas. Iya kalau (ketua) RT-nya ada, ya kalau (ketua) RW-nya ada. Belum tentu,” kata Jokowi disambut tawa para hadirin.

“Itu betul-betul merepotkan! Buat aja ijin sesederhana mungkin sehingga dunia usaha bergerak cepat banget. Sudah lama, bayar lagi,” tambah Presiden yang kembali disambut tawa para hadirin.

Jokowi mengingatkan bahwa di era persaingan saat ini, kecepatan dalam dunia usaha sangat dibutuhkan. Hal itu sudah disampaikan Jokowi hingga tingkat Dirjen.

“Kalau kita masih prosedar prosedur, pusing kita, lambat kita,” kata Jokowi.(***)

Most Popular

To Top