Entertainment

Selamat Hari Film Nasional!

Ayonews, Jakarta

Hari ini, tanggal 30 maret merupakan Hari Film Nasional. Tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Film Nasional karena pada 30 Maret 1950 merupakan hari pertama produksi film “Darah dan Doa” atau ” Long March of Siliwangi” yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

Meskipun film pertama yang dibuat pertama kali di Indonesia adalah film bisu berjudul Loetoeng Kasaroeng, namun film tersebut masih disutradarai oleh orang luar. Film karya Usmar Ismail lah yang dianggap bersifat sangat Indonesia.

Di bawah ini merupakan film-film Indonesia yang paling bersejarah selain “Darah dan Doa” :

          

Sembilan

Film berwarna pertama Indonesia ini diproduksi tahun 1967 dan disutradarai oleh Wim Umboh. Film ini bersejarah karena selain merupakan film berwarna pertama Indonesia, ia juga dibuat seluruhnya oleh tenaga Indonesia, kecuali proses laboratorium yang dilakukan di Tokyo, Jepang.

 

 

Penghianatan G 30 S PKI

Film yang terus ditayangkan dari tahun 1984 hingga 1997 ini dikatakan merupakan film propaganda. Pada jaman itu, siswa SD di wajibkan untuk menonton film ini.

Namun, di luar dari itu semua, film karya Arifin C Noer ini memiliki scoring dan penceritaan yang baik.

 

 IBUNDA

Sama seperti diluar, kita pun memiliki ajang penghargaan kita sendiri pula yang dinamakan Festival Film Indonesia (FFI) yang digelar setahun sekali. Ibunda yang disutradarai oleh Teguh Karya ini memenangkan 9 penghargaan Piala Citra pada FFI tahun 1986.   (NA)

 

Most Popular

To Top