Uncategorized

Pintu Perbatasan Poso Diperketat, Cegah Warga Uighur Gabung Santoso

santosoAyonews, Jakarta

Polri memperketat penjagaan di pintu-pintu masuk wilayah Poso, Sulawesi Tengah. Pengetatan penjagaan dilakukan untuk mengantisipasi kabar yang menyebut warga suku Uighur hendak bergabung dengan kelompok Santoso.

“Kita lakukan pengetatan razia pintu masuk di wilayah Poso, itu yang harus kita galakkan,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Auditorium STIK-PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2016).

Selain antisipasi di pintu masuk Poso yang diistilahkan dengan kategori internal, pengetatan penjagaan juga dilakukan di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga.

“Kita tahu orang Uighur di Malaysia juga banyak, ribuan disana, itu kita tidak tahu apakah mereka termasuk kelompok garis keras atau bukan. Tentu itu perlu kerjasama dengan kepoliisan Malaysia,” ujarnya.

Adanya suku Uighur di kelompok Santoso diketahui setelah dua anggota Santoso dari suku tersebut tewas dalam baku tembak dengan Satgas Operasi Tinombala beberapa pekan lalu. Belum diketahui tugas dan peran anggota dari suku Uighur dalam jaringan kelompok Santoso. (***)

Most Popular

To Top