Internasional

Markas Tentara Turki Dirudal ISIS, 1 Prajurit Tewas

unduhan (7)

Ayonews,Ankara

Seorang tentara Turki tewas dan beberapa lainnya mengalami luka terkena rudal yang diluncurkan oleh ISIS. Rudal tersebut mendarat di pangkalan militer Gedu, di mana sejumlah pasukan militer Turki dikerahkan.

Pihak militer Turki seperti dilansir dari AFP, Minggu (27/3/2016), mengatakan rudal tersebut ditujukan kepada pasukan Kurdi.

Para korban selanjutnya dipindahkan dengan helikopter. Korban luka dibawa ke rumah sakit di Kota Sirnak yang letaknya berbatasan dengan Irak.

Menanggapi serangan ISIS tersebut, militer Turki selanjutnya melayangkan serangan balasan. Namun tidak diketahui dari basis mana mereka melakukan penyerangan.

Kehadiran pasukan militer Turki di wilayah Bashiqa di utara Irak menjadi rebutan pemerintah pusat Irak. Namun, terkait keberadaan tentara Turki ini pula, Baghdad (Irak) menuduh Ankara (Turki) menggunakan ini untuk menanamkan pengaruhnya di utara Irak.

Pada akhir 2015, Turki sempat dikecam oleh Liga Arab karena terus menambah pergerakan militernya ke Irak. Dalih Turki yang mengerahkan 1000 pasukan tambahan saat itu untuk melindungi pasukannya yang telah terlebih dulu berada di Irak.(***)

Most Popular

To Top