Internasional

Hey Cina, Jangan Macam-macam Sama Indonesia, You Langgar ZEE, Owe Bakal Tindak Tegas

kapal china

Ayonews, Jakarta

Sikap tegas pemerintah Indonesia  terhadap Cina atas pelanggaran wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) oleh nelayan tradisionalnya dinilai sudah tepat. Tindakan tersebut sudah sesuai dengan hukum Internasional.

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Indonesia, Edy Prasetyono menegaskan, penolakan Indonesia terhadap wilayah tangkap tradisional Cina, tak menyalahi hukum internasional.

“Jadi tidak perlu dikhawatirkan untuk melakukan protes dan aksi tegas kepada China,” ujar Edy.

Sikap Indonesia yang tidak mengakui traditional fishing ground yang diklaim Cina, menurut dia, sudah sangat tepat. “Tindakan Indonesia sudah sesuai dengan hukum nasional dan hukum internasional,” ujarnya Minggu (27/3).

Sampai kapan pun, lanjut Edy, Indonesia perlu menegaskan kepada dunia Internasional atas wilayah ZEE Indonesia. Agar kasus pencurian ikan oleh para nelayan Cina pada 19 Maret 2016 di wilayah ZEE perairan Natuna tidak kembali terulang.

Edy mengingatkan kepada masyarakat kasus ini bukan sengketa wilayah/teritorial antara RI dan Cina. “Yang terjadi adalah pelanggaran yang dilakukan oleh para nelayan Tiongkok yang mencuri ikan di wilayah ZEE perairan Natuna,” kata dia.

Indonesia kemudian memprotes keras dan menyesalkan tindakan kapal Coast Guard Cina, yang mengintervensi penegakkan hukum yang dilakukan Indonesia terhadap kapal Cina yang mencuri ikan di wilayah ZEE Indonesia.

Edy menegaskan, ke depanyan, harus menjadi pelajaran Tiongkok dalam kawasan ZEE Indonesia. Dan Tiongkok perlu menyadari bahwa hubungan baik dengan Indonesia akan menjadi pilar keamanan dan kestabilan kawasan, terutama keamanan laut di kawasan.(***)

Most Popular

To Top