Hukum & Kriminal

Gandakan Data Kartu ATM & Kuras Uang Korbannya, Ibu Rumah Tangga & Seorang Karyawan Dibekuk Polisi

bobol atm

Ayonews, Jakarta

Seorang ibu rumah tangga dan seorang karyawan harus berurusan sama polisi setelah membobol kartu ATM orang lain. Kemudian menguras uang milik korbannya untuk berbelanja dengan menggunakan data kartu ATM yang digandakan.

Dua tersangka bernama Rini Utami dan Wempi Setioadi diamankan tim Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

“Tersangka Rini Utami alias Angel sebagai penyedia ATM-ATM yang telah digandakan (skimming) kemudian memberikan ATM skimming yang telah digandakan kepada tersangka Wempi Setioadi,” ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Eko Hadi Santoso, Minggu (27/3/2016).

Kemudian  Wempi melakukan transaksi pembelian barang-barang elektronik seperti handphone, televisi di pusat perbelanjaan di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Barang-barang yang dibeli ini kemudian diserahkan Wempi ke Angel untuk dijual ke penadah.

“Hasil dari kejahatan tersebut dibagi oleh para tersangka sesuai dengan peranannya,” sambung Eko Hadi.

Di bawah pimpinan Kompol Teuku Arsya Khadafi, penangkapan terhadap ibu rumah tangga dan karyawan swasta tersebut dilakukan pada Sabtu (26/3)  di Sumur Batu, Jakarta Utara. Mereka dijerat dengan pasal pidana pencurian dengan pemberatan dan atau pemalsuan sebagaimana diatur ancaman pidananya pada Pasal 363 atau 263 KUHP.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita barang bukti di antaranya 26 kartu ATM yang digandakan, 1 televisi Samsung, 1 exhaust fan, 1 laptop, 19 HP, uang tunai Rp 1.349.000, 10 buku tabungan, 4 micro sd, 4 KTP, 35 hologram kartu ATM termasuk 1 mobil Toyota Avanza.(***)

Most Popular

To Top