Entertainment

Jenis – Jenis Kopi di Indonesia

Ayonews, Jakarta

Kopi memang sudah sejak lama mempunyai fansnya sendiri. Rasanya yang khas membuat banyak orang menikmatinya. Apalagi, ternyata Indonesia kita yang tercinta ini memiliki banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh nusantara. Bukan saja terkenal di kandang saja, namun juga sudah mendunia

Kopi Luwak

Setiap mendengar nama kopi ini pasti yang diingat bahwa kopi ini termasuk jenis kopi termahal yang pernah ada. Selain mahal, kopi ini pun melalui proses produksi yang cukup unik. Biji kopi harus dimakan terlebih dahulu oleh luwak dan biji kopi yang tidak tercerna akan terdapat di kotoran binatang tersebut. Dipercaya, proses fermentasi biji kopi oleh luwak membuat rasa kopi lebih lembut dan eksotis.

Kopi Jawa

Kopi Jawa atau “Java” merupakan salah satu jenis kopi yang sangat berpengaruh di dunia sampai-sampai kata “Java” digunakan sebagai slang bahasa Inggris untuk kopi. Dimulai sejak abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan hingga sekarang, Jawa tetap menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia.

 

Kopi Toraja

Kopi toraja adalah kopi yang memiliki badan yang berat dan kandungan asam yang rendah. Memiliki rasa khas yang serupa seperti Kopi Sulawesi dan Kopi Sumatera.

Kopi Sumatera

Kopi yang sebagian besar berasal dari Mandailing, Lintong dan Gayo ini biasanya lembut dan halus, agak asam dan beraroma kakao, tembakau, dan tanah.

Kopi Lanang

Kopi lanang ialah sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tidak terbelah seperti biji kopi pada umumnnya. Kopi ini sering diproduksi di daerah Jawa Timur. Fakta uniknya lagi, kadar kafein dalam biji kopi ini sangat tinggi sehingga membuat penikmatnya tidak mudah mengantuk.

Nah, itu tadi beberapa jenis kopi asal Indonesia yang telah mendunia. Tambah bangga kan sama negeri kita sendiri? Hidup Kopi Indonesia! (NA)

Most Popular

To Top