Ekonomi

2 Bulan Tidak Penuhi Syarat jadi Transportasi Legal, Aplikasi Uber dan Grab Akan Diblokir Pemerintah

transportasi online

Ayonews, Jakarta

Aplikasi taksi Uber dan GrabCar akan ditutup pemerintah jika dalam waktu dua bulan ini tidak memenuhi syarat sebagai angkutan umum yang legal.

“Targetnya ya dua bulan. Nanti kalau tidak memenuhi persyaratan, ‘bendera dikibar oleh wasit’, ya kami tutup,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Rudi meminta kedua perusahaan angkutan berbasis aplikasi online itu untuk segera memenuhi sejumlah syarat sebagai angkutan umum yang legal, baik itu sebagai taksi maupun mobil rental yang memiliki badan hukum.

Selama dua bulan itu, Uber dan GrabCar masih diperbolehkan beroperasi, tetapi tidak boleh melaksanakan ekspansi atau menambah unitnya.

Komisaris Uber Indonesia Donny Suyadi menyatakan setuju dengan keputusan pemerintah Indonesia untuk bergabung dengan operator angkutan umum.

“Dalam waktu dua bulan, kami harus lengkapi dokumen kepada Dishub dan Kemenhub, yaitu bekerja sama dengan perusahaan rental mobil,” ujar Donny, dalam kesempatan yang sama. Donny menganggap keputusan yang diambil pemerintah ini sudah cukup adil.(***)

Most Popular

To Top