Nasional

Tolong Komunikasi yang Cerdas, yang jadi Presiden jangan Menyalahkan Mantan Presiden, yang Mantan Presiden Harus Pandai Menahan Diri

sby jokowi

Ayonews, Jakarta

Budaya komunikasi politik di negeri ini belum benar-benar mencapai tahap cerdas. ini terlihat pada kritik Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dan kunjungan Presiden ke proyek Hambalang.

“Sebagai Presiden sebaiknya jangan bicara masalah kelemahan (mantan) Presidennya. Sebaliknya, yang mantan Presiden juga membiarkan presiden menjalankan amanah yang diberikan kepada dia,” kata Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Harmonis, Sabtu (19/3).

Jika ada kelemahan pada pemerintahan sebelumnya, lanjut Haqrmonis, Jokowi cukup membahasnya di rapat internal pemerintah dan tidak dibawa ke ranah publik. Hal yang sama juga seharusnya dilakukan oleh mantan presiden SBY untuk bisa menahan diri.

“Presiden seharusnya berlapang dada dengan kritik yang diberikan. Yang beri juga harus tahan diri, jangan over,” katanya.

Pemerintahan Jokowi, sambung Harmonis, jangan terus-terusan meniru dan mengikuti komunikasi saling menyalahkan yang telah diwariskan.

“Ketika Jokowi melihat perkembangan proyek yang mangkrak, hal tersebut seharusnya ditanggapi dengan wajar dan tak perlu diketahui publik,” tandasnya.(***).

 

Most Popular

To Top