Ibukota

Jakarta Masih Marak Makanan Berformalin

makanan CINAKayonews, Jakarta

 

Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Jakarta Barat melakukan isnpeksi mendadak (sidak) disejumlah pasar tradisional, salah satunya di Pasar Tambora, Jumat (18/3).

Dalam kegiatan ini ditemukan sayur cuisine asin dan tahu positif mengandung bahan pengawet mayat atau formalin.

Kasudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Jakarta Barat, Renova Ida Siahaan, mengatakan razia ini bertujuan guna memberikan efek jera terhadap pedagang yang kedapatan menjual bahan makanan mengandung zat berbahaya.

Kemudian, pihaknya juga menempel sejumlah stiker di beberapa lapak yang ada di pasar tersebut. Adapun stiker itu bertuliskan “Komoditas di Pedagang Ini Sudah Diperiksa Dengan Laboratorium Dengan Hasil Positif Mengandung Bahan Kimia Berbaya”.

“Itu sanksi sosial bagi mereka. Stiker itu pun jangan sampai dicabut sampai jangka waktu dua bulan,” kata Renova, disela-sela sidak di Pasar Jembatan Dua, Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat.

Menurut Renova, saat ini pihaknya tengah intens melakukan sidak terhadap puluhan pasar tradisional yang ada di Jakbar. Hal tersebut guna merealisasikan instruksi Gubernur DKI Jakarta terkait pasar tradisional zero formalin.

“Hari ini kami lakukan sidak di Pasar Jembatan Dua, Jembatan Lima, Jembatan Besi, Pos Pengumben dan Pasar Kedoya. Jadi setiap hari lima pasar kami datangi,” pungkasnya. (***)

Most Popular

To Top