Ibukota

Takut Tak Bisa Penuhi Target, Adyaksa Dault Minta DPR Jangan Perberat Syarat Independen

adhyaksa
Ayonews, Jakarta

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Adhyaksa Dault di Jakarta, Selasa (15/3) meminta DPR RI untuk tidak menaikkan syarat jumlah dukungan bagi calon kepala daerah dari jalur independen yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah serentak 2017, karena akan mematikan kekuatan politik berbasis rakyat.

Adhyaksa mengatakan,  pola rekrutmen kepempimpinan nasional masih dominan pada sistem partai, namunia juga mengingatkan ada pola lain yakni lewat jalur independen atau perseorangan.

Jika rencana menaikan syarat independen terwujud, bukan tak mungkin partai politik di DPR sengaja tidak menginginkan jalur independen.

Adhyaksa menambahkan, DPR sebaiknya membiarkan bakal calon kepala daerah yang maju lewat independen seperti dia dan Basuki Tjahaja Purnama akrab disapa Ahok, agar tercipta demokrasi yang sehat, adil, dan seimbang.

Komisi II DPR ingin memperberat syarat untuk calon independen yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah 2017. Syarat ini akan diperberat dalam revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota. Ada dua model yang diwacanakan. Pertama, syarat dukungan adalah 10-15 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) atau yang kedua 15-20 persen dari DPT. (***)

Most Popular

To Top