Ibukota

PSK Alumnus Kalijodo yang Diamankan Dinsos DKI Akan Diberi Keterampilan Selama 3 Bulan

7832701_20160316061836

Ayonews, Jakarta

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menggelar razia gabungan untuk menanggapi laporan masyarakat terkait penjaja seks komersial (PSK) alumni Kalijodo yang diisukan bertebaran ke berbagai kawasan.

Razia gabungan tersebut melibatkan petugas Dinas Sosial, Suku Dinas Sosial (Sudinsos) lima wilayah, Satpol PP, Kepolisian, dan Garnisun.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, dalam razia gabungan tersebut, 20 wanita terduga PSK berhasil diamankan Selasa  malam, (15/3). Mereka dibawa ke Panti Sosial Bina Insan 1, Cengkareng Jakarta Barat.

“Di sana kami lakukan pendataan terlebih dahulu untuk mengetahui identitas mereka,”kata Masrokhan.

 

 

Terduga PSK terseebut, lanjutnya, merupakan hasil pengamanan yang dilakukan oleh Petugas Sudinsos lima wilayah. Petugas Dinsos mengamankan 5 orang terduga PSK, Sudinsos Jakarta Utara 6 orang, Sudinsos Jakarta Timur 5 Orang, Sudinsos Jakarta Pusat 2 Orang, Sudinsos Jakarta Selatan 1 orang, dan Sudinsos Jakarta Barat 1 orang.

Di samping 20 orang terduga PSK tersebut, pihaknya berhasil melakukan pengamanan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya seperti, gelandangan, waria, orang terlantar, lansia dan seterusnya. Total yang didapat pada tadi malam berjumlah 104 orang.

“Banyaknya PMKS yang berhasil kami amankan karena setiap wilayah di Suku Dinas Sosial kota administrasi melakukan operasi. Mereka menyisir wilayahnya masing-masing,” pungkas Masrokhan.

Ia melanjutkan, razia gabungan ini bermula ketika pihaknya menerima laporan masyarakat mengenai bertebarnya PSK alumni Kalijodo.”Laporan masyarakat bahwa PSK alumni Kalijodo disinyalir menyebar di Daan Mogot, bahkan sudah bergeser ke berbagai wilayah,” kata Masrokhan.

 

Razia Gabungan, Dinsos Berhasil Jangkau 20 orang Terduga PSK

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya menerjunkan 413 personel pelayanan pengawasan dan pengendalian sosial (P3S).

“Berdasarkan info yang kami dapat, ada 48 titik yang menjadi fokus utama adalah dampak dari penertiban Kalijodo. Ada sebagian yang mengisukan PSK Kalijodo itu ke tempat-tempat tertentu, seperti Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara, di pinggiran Jalan Daan Mogot,” kata Masrokhan.

Ia menambahkan setidaknya ada 195 PSK alumni Kalijodo yang terdata. Namun demikian, masih belum jelas apakah mereka semua itu sudah pulang kampung atau masih beroperasi di kawasan Jakarta. (***)

Most Popular

To Top