Megapolitan

Hirup Gas Beracun, 5 Warga Bogor Tewas di Dalam Sumur

unduhan (5)

Ayonews, Bogor

Berniat menolong, lima warga di Kampung Ciemas, RT 04 RW 01, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, tewas setelah masuk ke dalam sebuah lubang sumur.

Para korban di antar nya, Ata (50), Maman (35), Sandi (30) Firman (18), dan Samardi (28). Kelimanya diduga tewas karena menghirup gas beracun yang muncul dari dalam lubang.

Kanit Reskrim Polsek Cigudeg, AKP Asep Saepudin mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat Ata pergi dari rumahnya untuk mengambil peralatan menggali sumur yang tertinggal.

Tiga jam berlalu. Namun Ata tak kunjung pulang. Firman, anaknya serta menantunya Sandi dan istrinya Nia menyusul Ata ke lokasi sumur yang jaraknya cukup jauh dari rumah.

Sesampainya di lokasi, Firman dan Sandi pun masuk ke dalam lubang sumur sedalam tujuh meter untuk mencari Ata. Setelah keduanya tidak kunjung keluar dari sumur Nia pun panik dan mencari bantuan ke warga sekitar.

“Jadi korban Firman dan Sandi juga masuk ke dalam sumur menyusul Ata namun, setelah ditunggu cukup lama keduanya tidak keluar lagi. Istri Ata panik berusaha memanggil bantuan,” kata Asep, Rabu (16/3/2016).

Istri korban akhirnya meminta bantuan ke tetangganya dan kemudian datanglah Oman Samardi, Maman dan Masmadi ke lokasi untuk menolong korban sebelumnya terperangkap di dalam sumur.

“Samardi masuk untuk mencari korban yang berada di dalam sumur. Namun tidak juga kembali lagi dan disusul Maman. Sebelumnya Maman ragu karena bau menyengat dari lubang tapi akhirnya masuk juga. Kalau Oman dan Masmadi tidak ikut masuk,” tambahnya.

Setelah Samardi dan Maman masuk, keduanya juga tidak kunjung keluar dan akhirnya warga berbondong ke lokasi sumur. Setelah diperiksa menggunakan senter, terlihat kelima korban yang ada di dalam sudah dalam keadaan tidak bergerak.

Kemudian warga memasang blower udara dan berusaha mengevakuasi kelima korban dari dalam sumur yang hanya berukuran 1 meter x 4 meter. Akhirnya kelimanya berhasil dievakuasi namun dalam kondisi sudah tidak bernyawa dan dibawa ke rumah duka masing-masing untuk dimakamkan.

“Karena bau yang sangat menyengat dari dalam, diduga korban mengisap gas beracun dari dalam sumur dan kehabisan oksigen sebelum akhirnya tewas,” jelasnya.

Kini polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan kematian korban dan mengumpulkan keterangan saksi-saksi di sekitar lokasi kejadian.

“Semua korban sudah dimakamkan oleh pihak keluarga. Kita juga masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi. Sementara untuk lubang sumurnya sudah kami amankan agar tidak ada warga yang masuk kembali ke dalam lubang tersebut,” pungkasnya.(***)

Most Popular

To Top