Gaya Hidup

Anak Gemuk Berarti Baik atau Tidak?

Ayonews, Jakarta

Sering kali kita temukan banyak orang tua yang sangat senang saat buah hatinya bernafsu makan besar. Namun terkadang saat tidak diberikan batasan yang jelas, hal tersebut bisa membuat anak-anak menderita obesitas.

Obesitas ialah kondisi medis yang ditandai dengan berat badan di atas rata-rata dari indeks massa tubuhnya yang normal. Ketika seorang anak hasil perhitungan IMTnya diatas 25 kg/m2 maka anak tersebut digolongkan obesitas.

Meski terlihat lucu, anak yang menderita obesitas beresiko mengidap banyak penyakit seperti diabetes, saluran nafas terganggu hingga mengorok saat tidur,tulang menopang tubuh yang berat, telapak kaki rata, pelemakan hati, dan yang paling menakutkan adalah komplikasi jantung.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah Obesitas pada anak. Salah satunya adalah dari dukungan lingkungannya, baik di keluarga maupun di sekolah. Hal ini diharapkan dapat merubah pola hidup sang anak sehingga hal-hal seperti memakan makanan fast food atau kekurangan aktivitas luar, bisa dihilangkan secara bertahap.

Namun apabila seorang anak terlanjur mengidap obesitas terdapat cara-cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti berolahraga minimal satu jam sehari atau berpola makan yang baik. Selain itu, terdapat beberapa asupan atau obat alami yang bisa membantu menormalkan berat badan, seperti brokoli, jeruk nipis, asam jawa, madu asli, dan lainnya.

  • Brokoli merupakan salah satu makanan jenis sayuran yang dibenci anak-anak, padahal brokoli sangat bermanfaat karena mengandung kalsium yang tinggi, zat besi, magnesium, vitamin A dan C. Sayuran ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dijadikan jus buah atau dimasak untuk sayur.
  • Selain sayuran brokoli terdapat jeruk nipis yang mengandung banyak vitamin C. Bukan saja memberikan ketahanan tubuh namun juga merupakan obat diet yang baik. Cara penggunaan buah ini ialah dengan mencampurakan perasan jeruk nipis dengan air putih dan diberikan pada sang anak setiap paginya.
  • Satu lagi buah berkhasiat tinggi yaitu Asam Jawa. Buah ini mengandung zat asam seperti asam asetat, sitrat, malat dan tartat yang bisa berfungsi sebagai obat pencahar yang cukup baik. Berikanlah minuman asam jawa yang telah dicampur oleh air kunyit dan madu asli ke anak secara rutin.

Selain yang terdapat diatas banyak lagi pula bahan-bahan alami lainnya seperti daun sirsak atau buah blueberry yang mampu membantu proses penurunan anak pengidap Obesitas tanpa efek samping yang ditakutkan.

Oleh karena itu, seorang anak yang obesitas janganlah dikasihani atau dianggap malang karena dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, dukungan dari berbagai macam pihak, perencanaan pola hidup yang baik, dan ketekunan dari sang anak maka niscaya berat badannya akan kembali normal. (NA)

Most Popular

To Top