Ibukota

Perberat Syarat Independen, Upaya DPR Bakal Sia-Sia Buat Jegal Ahok

_ahokAyonews, Jakarta

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku tidak khawatir dengan rencana Komisi II DPR memperberat syarat bagi calon independen.

Ruhut yang mengaku sebagai tim sukses Basuki Thahaja Purnama dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 itu mengaku optimistis jagoannya tetap bisa maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta melalui jalur perseorangan.

“Laju Ahok susah dicegah meski dengan cara-cara seperti itu,” kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Ruhut menilai, dukungan masyarakat DKI Jakarta untuk Ahok saat ini sudah tidak terbendung. Hal ini terlihat dari upaya Teman Ahok yang sudah hampir berhasil mengumpulkan satu juta KTP.

Jumlah tersebut sudah lebih dari 20 persen total penduduk Jakarta. Sementara, Komisi II hanya berwacana menaikkan syarat bagi calon independen dari semula 6,5-10 persen menjadi maksimal 15-20 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Ahok ini belum pemilu saja dia sudah menang,” ucap Ahok.

Ruhut berpesan agar parpol tidak perlu menjegal Ahok dengan cara-cara yang tidak layak seperti ini.

Menurut dia, akan lebih baik parpol mengoreksi diri kenapa Ahok yang memutuskan maju dari jalur independen justru mendapat dukungan luas dari rakyat.

“Ini instrospeksi untuk partai politik,” ujarnya.

Ahok sebelumnya mengatakan bahwa usulan itu tidak akan berpengaruh terhadap dirinya. Sebab, pihaknya telah membuat antisipasi dengan mengumpulkan dukungan KTP lebih banyak dari target.

“Kalau dia ajukan (jadi) 10 persen, kan kita minta Teman Ahok ngumpulin 1 juta. Kalau pemilihnya 7 jutaan, berarti 10 persennya itu ya sekitar 700.000 kan. Satu juta ya lewat dong,” kata Ahok di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Selasa (15/3/2016). (***)

Most Popular

To Top