Pilgub

Jelang Pilgub 2017, Ahok Siapkan Rekening Buat Tampung Sumbangan Pengusaha

_ahok

Ayonews, Jakarta

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta incumbent Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, membuka peluang untuk para pengusaha memberikan sumbangan kepada dirinya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Rencananya, Ahok akan membuka rekening resmi untuk menampung sumbangan itu jika dirinya telah resmi menjadi calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pilgub 2017  mendatang.

“Kalau dia mau nyumbang, masa saya Iarang. Pengusaha siapapun, dia bisa transfer langsung,” kata Ahok di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menurut Ahok, rekening itu nantinya dibuka untuk dukungan pasangan calon Basuki dengan Heru Budi Hartono.“Nanti mereka (pengusaha) bisa kirim sumbangan maksimum Rp 500 juta,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Ahok sempat membeberkan upayanya melobi pengusaha untuk mendapat sokongan dana dalam Pilkada DKI 2012. Kala itu, pasangan Jokowi-Basuki membutuhkan dana sekitar Rp 4,5 miliar untuk membayar saksi di tempat pemungutan suara (TPS).

Kemudian ia melobi sembilan perusahaan. “Saya yang cari itu sembilan perusahaan yang sumbang Rp 500 juta, dan salah satunya itu yang punya ABC. Ketemu saya, saya bilang saya butuh uang oksaksi Rp 4,5 miliar, langsung dia bilang oke,” paparnya.

“Tapi saya minta transparan lho masuk ke rekening kampanye, pakai PT kan bisa sampai 500 juta, dia bilang enggak apa-apa dan langsung dikirim dari sembilan PT masing-masing Rp 500 juta,” tandas Ahok.(***)

Most Popular

To Top