Megapolitan

Ahok Santai Tanggapi Upaya DPR Jegal Dirinya Lewat Syarat Calon Independen

ahok/ist

ahok/ist

Ayonews, JAkarta

 

Komisi II DPR mengebut pembahasan revisi Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah Nomor 8 Tahun 2015, salah satu agenda yakni memperberat syarat pengajuan calon independen, karena syarat yang ada sekarang terlalu ringan.

Terkait hal itu petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang maju sebagai cagub dari Independen mengatakan, hal itu bukanlah masalah, menurutnya syarat pengajuan Independen telah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Enggak masalah mau usul gimana mah, yang penting kan
itu kan udh diputusin mk saya mah ikut aja,” kata Ahok, Selasa (15/3).

Ahok juga tidak mempermaslahkan jika Komisi II DPR  akan menaikan syarat Independen sebesar 10 persen dari jumlah pemilih tetap.

“10 persen? Kan udah ditolak kemaren di MK. Kalau mereka minta 10 persen ya kita diajukan 1 juta sama teman ahok buat ngumpulin, kalau pemilihnya 7 juta, 10 persen
700 rban, 1 juta ya lewat dong,” ucap Ahok.

Komisi II DPR mengebut pembahasan revisi Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah Nomor 8 Tahun 2015 dengan salah satu agenda memperberat syarat pengajuan calon independen, karena syarat yang ada sekarang terlalu ringan.

Dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, diatur syarat pengajuan calon independen. Aturan mainnya adalah paling sedikit calon independen atau calon perorangan mengumpulkan 6,5 sampai 10 persen jumlah pemilih tetap.

Syarat ini dianggap Komisi II DPR terlalu ringan jika dibandingkan syarat bagi partai politik yang ingin mengajukan calon kepala daerah. Karena itu, syaratnya akan disesuaikan. Saat ini syarat dukungan untuk calon dari parpol naik 5 persen menjadi 20 persen dari jumlah suara.

“Timbul wacana bahwa harus pada azas keadilan. Karena syarat untuk calon independen jauh dari syarat untuk partai politik, sehingga kami naikkan agar tetap berkeadilan,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edi. (***)

Most Popular

To Top