Nasional

Pemuda Muhammadiyah Minta Dibentuk Timsus Investigasi Densus 88

images (68)

Ayonews, jakarta

Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mempertanyakan tewasnya Siyono (39) warga Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten,usai ditangkap Densus 88 pada Jumat (11/3). Tewasnya Siyono yang tidak dalam status tersangka menjadi tanda tanya besar bagi Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan alibi pihak kepolisian yang menyatakan Siyono tewas karena berkelahi dengan Densus 88 lalu kemudian kelelahan harus dibuktikan dengan independen.

“Selama ini kerja densus 88 sama sekali tidak bisa diversifikasi pertanggungjawabannya terhadap terduga terorisme,” ujarnya.

Dahnil mengatakan banyak terduga terorisme yang potensial untuk membuka tabir gerakan radikalisme di Indonesia justru berujung pada kematian. Untuk itu, Pemuda Muhammadiyah mendesak Presiden Joko Widodo membentuk tim independen khusus untuk menyelidiki kematian Siyono. “Kami menduga ada pelanggaran hak Asasi manusia (HAM) dan tidak profesionalnya Densus 88,” kata President Religion for Peace Asia and Pacific interfaith Youth Network (RfP-APIYN) ini. (***)

Most Popular

To Top