Hukum & Kriminal

Catat, Sekali Lagi KPK Pastikan Belum Ada Korupsi di Kasus Sumber Waras

2016-03-09-01.26.05.png.pngAyonews, Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan lagi bahwa belum ada indikasi korupsi dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah DKI, karena blum ada bukti yang mengarah ke penyidikan.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, lima pimpinan KPK secara bulat menyatakan bahwa indikasi korupsi belum ada. “Komisioner sepakat bahwa kasus tersebut perlu penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Agus menyangkal bahwa KPK berpihak kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akrab disapa Ahok, yang oleh sebagian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI terlibat dalam pembelian lahan itu.

“KPK tidak bekerja di ranah politik atau balas jasa. Kami penegak hukum, apa pun data dan alat bukti yang kami terima, pasti kami proses,” katanya Agus tegas.

Agus menegaskan bahwa KPK bekerja secara independen, tidak terpengaruh oleh kepentingan manapun.

Menurut Agus, KPK sudah memanggil 33 orang untuk dimintai keterangan, namun KPK belum menemukan potensi penyalahgunaan wewenang dari siapapun. “Karena itu belum dinaikkan ke tahap lebih lanjut,” kata dia.

Beberapa anggota DPRD kecewa dengan pernyataan Agus tersebut. Mereka menuding KPK meremehkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dalam audit itu, BPK menyatakan ada kerugian negara Rp191 miliar dan juga indikasi keterlibatan Ahok. (***)

Most Popular

To Top