Entertainment

Memperingati Hari Raya Nyepi di Bali

Ayonews, Jakarta

Apakah hari raya Nyepi itu?

Hari raya Nyepi merupakan acara tahunan dalam memperingati tahun baru Saka yang didasari dari kalender Bali. Kalender ini bukan sembarang kalender, namun merupakan modifikasi Kalender Saka asal India dengan elemen masyarakat lokal Bali. Biasanya di kalender Masehi, hari raya Nyepi selalu jatuh di antara bulan maret atau April dan di tahun 2016 ini, perayaan tersebut di selenggarakan besok hari, yaitu tepat pada tanggal 9 Maret 2016 atau 1 Saka 1938.

Perayaan tahun baru ini dirayakan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia. Berbeda dengan tahun baru kita yang biasanya identik dengan petasan dan sorak ramai, hari raya Nyepi ini  haruslah sepi tanpa banyak suara. Seperti namanya yang berasal dari kata sepi, perayaan ini membuat seluruh masyarakat Hindu berhenti dari seluruh kegiatannya.

Provinsi Bali yang sebagian besar masyarakatnya menganut agama Hindu telah bersepakat untuk tidak melakukan semua kegiatan umum selain kegiatan rumah sakit. Tayangan TV dan radio pun tidak ada. Bahkan, airport internasional Ngurah Rai yang terkenal itupun ditutup guna menghormati hari raya Nyepi ini. (NA)

Most Popular

To Top