Megapolitan

Pajak Progresif Kendaraan Dongkrak PAD DKI Jakarta

uploads--1--2015--02--28969-ahokkk-100-hari-menjabat-jadi-gubernur-dki-ahok-siap-digulingkan

Ayonews, Jakarta

Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta menyatakan pemberlakuan sistem tarif progresif pada Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada tahun ini efektif meningkatkan pemasukan daerah.

“Sejak diberlakukannya sistem tarif progresif untuk PKB, kami melihat adanya peningkatan bagi pemasukan daerah secara efektif,” kata Wakil Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Edi Sumantri, Senin (7/3).

Menurut Edi Sumantri, terhitung perolehan jenis pajak PKB hingga Jumat (4/3) telah mencapai Rp1,134 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya sebesar Rp830 miliar.

“Peningkatan itu terjadi karena kami melakukan pengetatan terhadap Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), sehingga, melalui KK dan KTP, kami bisa mengetahui jumlah kendaraan yang dimiliki oleh setiap KK dan menerapkan tarif progresif untuk PKB,” ujar Edi.

Oleh sebab itu, dia menuturkan, Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta pun menargetkan perolehan PKB pada tahun ini dapat mencapai Rp7 triliun.

Selain PKB, sambung Edi, hingga saat ini, peningkatan juga terjadi di beberapa jenis pajak lain, diantaranya pajak hiburan dari tahun lalu Rp86 miliar menjadi Rp125 miliar pada tahun ini, pajak restoran dari Rp329 miliar menjadi Rp429 miliar dan pajak hotel dari Rp212 miliar menjadi Rp236 miliar.

“Peningkatan terhadap ketiga jenis pajak tersebut bukan hanya disebabkan adanya pengetatan data dan sosialisasi, tetapi juga karena mulai diberlakukannya sistem online pajak daerah,” tutur Edi. (***)

Most Popular

To Top