Ibukota

Jangan Lelah Lestarikan Budaya Betawi

sanusi

Ayonews, Jakarta

Politisi Partai Gerindra, Mohamad Sanusi mengatakan, meskipun lebih dikenal dengan kota metropolitan, Jakarta tak pernah bisa lepas dari budaya Betawi. Buktinya, hingga saat ini, Ondel-ondel masih sering digunakan sebagai ikon seni dan budaya yang mewakili kota Jakarta. Selain itu, ajang pemilihan Abang None pun masih terus diminati oleh para generasi muda.

“Budaya harus terus ditumbuh kembangkan dan dilestarikan. Karena syarat akan etika, adat istiadat dan pesan moral yang positif,” kata Sanusi saat menjadi pembicara bertajuk Kupas Tuntas Peran Serta Politik Anak Betawi di DKI Jakarta yang digelar di Rumpun Masyarakat Betawi, Condet, Balekambang, Jakarta Timur, Senin (7/3).

Sanusi menambahkan, pelestarian Budaya Betawi ini sekaligus untuk meminimalisir derasnya arus global modernisasi. Agar kedepan generasi bangsa tumbuh dengan nilai-nilai norma dan budaya lokal.

Sementara itu, Ketua Rumpun Masyarakat Betawi, Nur Ali menuturkan, pentingnya gotong royong dan menjadikan masyarakat Betawi harus merubah image lama menjadi masyarakat Betawi yang cerdas dan santun.

“Intinya itu save Betawi,” ujar Nur. (***)

Most Popular

To Top