Megapolitan

‘DPR Tak Bisa Panggil Ahok’

Ahok-Resmi-Dilantik-Siang-Ini-637x353

Ayonews, Jakarta

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai Komisi III DPR tidak bisa memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelum benar-benar menjadi tersangka. Hal ini terkait rencana Komisi III DPR memanggil Ahok untuk mengklarifikasi kasus pembelian lahan RS Sumber Waras, Grogol.

“Pemanggilan Ahok tidak bisa, harus ada panitia. Misalkan kalau ada Panja itu sangat mungkin berkaitan setelah dia masuk jadi kasus hukum. Kalau belum itu enggak bisa,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/3).

Politisi PKS tersebut minta Komisi III DPR tidak terburu-buru. Menurutnya Ahok harus diindikasikan terlibat dulu terkait kasus RS Sumber Waras.

“Misalnya kalau sudah ada pemeriksaan aparat penegakan hukum kepada Pak Ahok terkait misalkan kasus Sumber Waras, baru kemudian pengawasan DPR dimulai. Karena sudah melibatkan aparatur negara yang sudah diawasi DPR,” tuturnya.

Fahri meminta agar soal kasus Sumber Waras, sebaiknya Komisi III DPR mendalami keterangan BPK terlebih dahulu. “Sumber Waras harus masuk ke ranah hukum dulu, harus klarifikasi ke BPK, apakah meralat dulu temuannya,” imbuh Fahri.

Sedangkan terkait kasus penggusuran Kalijodo, Fahri berharap agar masalah tersebut diselesaikan di tingkat DPRD saja. “Seharusnya kalau Kalijodo harus melalui DPRD karena menyangkut tata kota. Kecuali ada hubungannya dengan pelanggaran HAM mungkin bisa ditarik ke DPR,” pungkasnya. (***)

Most Popular

To Top