Nasional

Kelebihan Muatan jadi Penyebab Tenggelamnya KMP Rafelia

image

Ayonews, Banyuwangi 
Penyelidikan penyebab tenggelamnya KMP Rafelia II di Selat Bali, Jumat (4/3) mulai terkuak. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dibantu Polres Banyuwangi, Jatim,  terus melakukan penyelidikan terhadap tenggelamnya kapal tersebut.

Personel Satuan Polisi Air sudah memeriksa 15 orang penumpang dan 5 orang anak buah kapal (ABK) sebagai saksi.

“Sudah ada 20 orang yang kita periksa. Terdiri dari 15 penumpang kapal yang selamat dan 5 orang ABK,” ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama, Sabtu (5/3/2016).

Penyelidikan awal dilakukan sebagai bahan penyelidikan yang dilakukan tim KNKT untuk mencari penyebab tenggelamnya kapal milik PT Dharma Bahari Utama. Tenggelamnya kapal menewaskan 4 orang dan 1 orang masih dalam pencarian.

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi menduga penyebab tenggelamnya kapal karena kapal kelebihan muatan. Selain itu kendaraan yang berada di dalam kapal tidak diikat sehingga membuat kapal miring karena tak seimbang.

“Ada dugaan kelebihan muatan. Selain itu kendaraan tak diikat di badan kapal,” terang AKBP Bastoni.

Sementara itu dari hasil pengamatan video rekaman penyelaman kapal ditemukan perbedan jumlah (manifes) kendaraan yang diangkut. Ada 6 sepeda motor yang tidak masuk dalam manifes.

“Ini jangan main-main ya. Jika dihitung bisa ada tambahan 6 orang jika satu orang. Kalau masing-masing 2 orang ini bisa 12 orang,” ujar Bastoni dengan nada tinggi menunjukkan keheranannya soal data manifes.(***)

Most Popular

To Top