Entertainment

Pentingnya Berterima Kasih Terhadap Pasangan

Ayonews, Jakarta

Dalam menjalin sebuah hubungan, terkadang kita suka lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pasangan kita. Biasanya dikarenakan pemikiran kita bahwa pasangan kita dapat mengerti apa yang kita maksud tanpa kita ucapkan. Padahal, meski sederhana, berterima kasih kepada pasangan kita merupakan kunci kebahagiaan dalam membina suatu hubungan.

Mengapa penting?

Dalam sebuah hubungan, baik sebatas pacaran maupun sudah menikah, tidak mungkin tidak terjadi perbedaan. Di dalam sebuah penelitian yang telah dimuat di jurnal berjudul Personal Relationships, mengatakan bahwa berterima kasih bukan saja menjadi kunci kebahagiaan dalam sebuah rumah tangga, namun juga penolong disaat keadaan sedang menurun.

” Kita menemukan bahwa merasa dihargai dan dianggap berharga oleh pasangan kita sendiri sangat berpengaruh dalam bagaimana mereka melihat hubungan pernikahan itu sendiri. Baik dari sisi komitmen maupun kepercayaan bahwa pernikahan ini bisa terus berlanjut.”, kata Ted Futris yang merupakan co-author dari jurnal penelitian tersebut.

Hal yang paling mengejutkan namun sangat penting merupakan bagaimana sebuah aksi sederhana seperti ini bisa mengurangi resiko bercerai. Dalam sebuah pernikahan, pasti ada saatnya dimana konflik terjadi. Jika kita terus bermain dengan ego kita dan hanya melihat buruk pasangan kita saja, maka komunikasi antar pasangan pun akan menurun.

Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa menunjukan rasa berterima kasih kita terhadap pasangan merupakan hal yang paling signifikan dalam menentukan kualitas sebuah pernikahan. Bagaimana tidak? Karena dengan berterima kasih, kita bisa lebih bersyukur meski dengan perbedaan yang ada.

Bagaimana Caranya?

Memang hal ini sulit-sulit gampang namun sesungguhnya berterima kasih terhadap pasangan merupakan taktik tersederhana dalam membina suatu pernikahan. Apalagi jika anda kurang baik dalam berkomunikasi bila terjadi pertengkaran. Hal yang bisa anda lakukan adalah mencari cara bagaimana pasangan anda dianggap dihargai, diistimewakan, dan ketika mereka melakukan sesuatu untuk anda, perlihatkan bahwa anda menyadari kebaikan mereka.

Selamat mencoba! (NA)

Most Popular

To Top