Entertainment

Pasar Tradisional? Menarik Juga!

Ayonews, Jakarta
Salah satu hal mengapa pasar tradisional masih digemari banyak orang, mungkin selain karena harganya yang lebih murah juga karena suasananya yang lebih hidup dan merakyat. Pengunjung bisa datang dengan menggunakan baju seadanya namun tetap mendapatkan barang yang diinginkannya, bahkan bisa lebih murah ketimbang di supermarket atau toko online yang kini kerap bermunculan.
Bukan saja sebagai tempat jual-beli saja. Di beberapa belahan dunia, pasar tradisional pun terkadang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi para pelancong seperti Spider Market di Kamboja atau Damnoen Saduak Floating Market di Thailand. Para wisatawan tetap menikmati keunikan dari pasar-pasar tersebut, meski harus membaur dengan aroma pasar yang khas.
Inilah macam-macam pasar tradisional yang terkenal di dunia.
Spider Market, Kamboja
spider market

Pasti dari namanya saja, sudah ketahuan produk apa yang dijual di pasar tradisional ini. Ya, benar sekali! Pasar yang terletak di Kota Skuon ini memang menjual segala makanan yang berbahan dasar laba-laba.

Tapi itu belum seberapa, kita lebih dikagetkan lagi ketika kita menyadari bahwa jenis laba-laba yang digunakan adalah jenis tarantula yang besarnya seukuran telapak tangan orang dewasa.
Bentuk makanannya dibuat seperti snack dan masih berbentuk utuh layaknya seekor laba-laba. Bukan hal aneh jika bulu kuduk anda merinding membayangkannya, namun tidak sedikit orang yang ingin mencobanya. Banyak yang mengatakan bahwa rasanya seperti perpaduan antara ayam dan ikan. Lucunya, snack laba-laba ini pun mempunyai pilihan rasa yang beragam, dari yang original hingga yang pedas.
Damnoen Saduak Floating Market, Thailand

Pasar ini menjual berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, layaknya pasar tradisional pada umumnya. Namun, yang membuatnya menarik adalah bagaimana para penjual menjual barangnya di atas perahu. Untuk dapat mengunjungi pasar ini, pengunjung harus menyewa perahu, baik perahu kayuh atau perahu mesin.

The Saint-Ouen Flea Market, Prancis

Keluar sebentar dari ranah Asia, dan berbelok ke arah Eropa. Mari kita bertemu pasar loak terbesar di dunia yang terletak di kota paris ini. Luasnya kurang lebih 7 hektar dan terdiri dari 2.000 toko yang menjual barang-barang antik, seperti furnitur, buku, perhiasan, peralatan militer dan banyak lagi.

The Grand Bazaar, Turki
Sebagai salah satu pasar tertua dan terbesar di dunia, tidak aneh bila pengunjung bisa tersesat di dalamnya. Bukan hanya karena besarnya saja, namun karena bentuk arsitekturnya yang seperti labirin raksasa. Pasar tradisional ini memiliki 4.400 toko yang tersebar di 58 lorong dan dikunjungi kurang lebih 400.000 orang setiap harinya. Namun keluar dari segala kericuhan tersebut, pasar ini memperbolehkan kita menawar setiap barang yang kita inginkan. Menyenangkan, bukan?

Sonora Witchcraft Market, Bolivia

sonora

Ingat pasar ilmu hitam di film Harry Potter? Ya, ternyata pasar seperti itu benar-benar ada di dunia. Hal-hal aneh seperti kulit ular berbisa, kadal kering, tulang manusia dan lainnya, bukanlah sesuatu yang aneh di pasar tradisional ini. Mengerikan? Memang. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa pasar ini digemari para turis asing. (NA)

Most Popular

To Top