Ibukota

Soal Sampah Bungkus Kabel, Ahok: Ada Orang Keki Mau Bikin Sumur Resapan di Monas

image

Ayonews, Jakarta
Sudah belasan truk berhasil mengangkut  gulungan bekas kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Diperkirakan, jumlahnya masih cukup banya.

Bahkan ada yang belum dapat disentuh pasukan biru Penprov DKI yang memang bertugas urusan tata air ibukota. Yang sulit asalah gorong-gorong yang posisinya tepat di bawah aspal.

Satgas Banjir Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat telah menelusuri  gorong-gorong yang hulunya di Kedubes Amerika Serikat dan hilirnya di saluran penghubung (Phb) Abdul Muis. Hasilnya ada tiga truk bungkusan kabel yang berhasil diangkut.

Untuk mengeluarkan kabel itu, pasukan dinas tata air harus  membentuk barisan manusia di bawah gorong-gorong. Sebab, posisi bungkusan kabel sudah cukup jauh dari lubang masuk.

Bungkus gulungan kabel itu belum habis di situ. Di depan kantor Kementerian ESDM, ada gorong-gorong yang dipenuhi bungkusan kabel. Namun, petugas kesulitan membersihkan karena gorong-gorong itu tak bisa dimasuki kecuali harus dibongkar dulu jalanannya.

Mendapati kasus sampah bungkus kabel ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok geram. Dia menengarai ada pihak yang sengaja menaruh bungkus kabel di gorong-gorong di bawah Jalan Medan Merdeka Selatan demi menghambat aliran air saat hujan.

“Siapa yang mau buang kabel kalau bisa dijual? Ini pasti ada unsur kesengajaan. Ini juga bukan sisa kabel, wong sudah ada 17 truk terkumpul,” kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Kamis (3/3/2016).

Sebelumnya Ahok menolak untuk menyebut temuan itu sebagai sabotase. Namun, kini ia menduga ada oknum yang ingin membuat kawasan Ring 1 terendam banjir.

“Siapa tahu mau kasih tahu saya untuk keluarin duit kalau banjir di Istana, bisa saja, atau mau bikin sumur resapan di sekitar Monas. Bisa juga orang keki (tidak senang) sama saya. Enggak tahu,” kata Ahok.

Ahok beberapa kali melontarkan tuduhan bahwa sejumlah peristiwa di Jakarta pada masa lalu akibat tindakan sabotase.

Berdasarkan penelusuran belasan anggota Pasukan Katak TNI Angkatan Laut di gorong-gorong sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, hari ini, tidak ditemukan bungkus kabel di daerah itu. Mereka hanya menemukan sedimen lumpur dan sampah.

“Saya sudah instruksikan untuk bersihkan saluran air semuanya,” kata Ahok.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah membentuk tim untuk menyelidiki pemilik bungkus kabel yang menghambat selokan di Jalan Medan Merdeka Selatan tersebut.(***)

Most Popular

To Top