Hukum & Kriminal

Irjen Tito Pertimbangkan Penangguhan Penahanan Ivan Haz

ivan haz

Ayonews, Jakarta

Polda Metro Jaya mempertimbangkan permohonan penangguhan penahanan anggota DPR RI Fanny Safriansyah alias Ivan Haz yang menjadi tersangka dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap asisten rumah tangga T (20).

“Kita pertimbangkan karena itu kewenangan penyidik,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian di Jakarta, Jumat (4/3).

Tito menjelaskan penyidik kepolisian memiliki pertimbangan materil dan alasan subyektif untuk menahan seorang tersangka kasus pidana.

Pertimbangan materil seperti penyidik mengantongi dua alat bukti dan alasan subyektifnya tersangka melarikan diri, menghilang barang bukti dan mengulangi tindak pidana.

Namun Tito menyatakan seorang tersangka juga memiliki hak untuk mengajukan penangguhan penahanan dengan syarat ada pihak penjamin, kooperatif dan tidak menghilangkan barang bukti, serta tidak mengulangi perbuatan melawan hukum.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz siap menjadi penjamin agar penyidik mengabulkan penangguhan penahanan Ivan Haz.

Selain itu, istri tersangka, tim penasehat hukum dan 100 konstituen yang memilih Ivan Haz menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Madura siap menjaminkan diri.‎ (***)

Most Popular

To Top