Ibukota

Banyak Calon, Ahok Untung

uploads--1--2015--02--28969-ahokkk-100-hari-menjabat-jadi-gubernur-dki-ahok-siap-digulingkan

Ayonews, Jakarta

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menyatakan, cara melawan pejawat, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pada Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti adalah berhadap-hadapan atau head to head. Cara ini dinilainya akan mampu membuat suara penantang lebih fokus.

Ray menyatakan, jika ada tiga calon, Ahok akan diuntungkan. Ahok diprediksi sudah mengantongi 30 persen suara. Suara di luar angka tersebut diperebutkan para pesaingnya. Kalau ada tiga atau lebih pasangan, suara tersebut akan terpencar. “Justru mereka (kandidat pesaing Ahok) sendiri yang bersaing. Ahok jadi tidak ada saingan,” ujar Ray saat dihubungi, Kamis (3/3).

Selain itu, pesaing Ahok sebaiknya tidak menggunakan gaya konvensional. Baik partai politik maupun kandidat lain yang akan melawan Ahok harus mempunyai cara kreatif. Kalau cara pendekatannya lewat iklan, kata-kata bombastis, atau lewat isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sudah ketinggalan. Ahok dinilainya tidak akan teradang.

Gubernur DKI Jakarta mengaku tak khawatir jika pada pilkada nanti terjadi persaingan antara dirinya dan calon gubernur lainnya secara berhadap-hadapan. Ahok bahkan merasa lebih baik jika pada pilgub nanti hanya diisi dua calon. Sebab, jika calonnya terlalu banyak, akan memperlambat proses pilgub. “Tak apa-apa. Lebih cepat satu putaran,” katanya.

Ahok sampai saat ini belum mendeklarasikan pencalonannya sebagai cagub independen. Namun, ia memastikan, deklarasinya bisa terjadi sebelum bulan Mei. Selain itu, jika tidak memperoleh dukungan partai, ia akan tetap maju sebagai cagub independen. (***)

Most Popular

To Top