Ibukota

Gabungan Partai Besar Belum Tentu Bisa Kalahkan Ahok

uploads--1--2015--02--28969-ahokkk-100-hari-menjabat-jadi-gubernur-dki-ahok-siap-digulingkan

Ayonews, Jakarta‎

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) paling diunggulkan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) 2017 mendatang. Pasalnya hingga kini belum ada sosok yang mampu menandingi popularitas dan elektabilitas Ahok sebagai orang nomor 1 DKI.

Pengamat politik dari Universtas Diponegoro (UNDIP) Semarang Teguh Yuwono mengatakan posisi Ahok masih di atas angin. “Meski seandainya partai-partai besar mengusung calon, belum tentu menang melawan Ahok,” ujarnya Kamis (3/3).

Dalam ajang Pilgub 2017, partai-partai besar cenderung kalah sebelum berperang. Ahok dikenal dengan sosoknya yang berani ambil risiko dan tegas mengambil keputusan. Terbukti, penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang dan kawasan Kalijodo mampu ia tuntaskan. Keberaniannya mengambil kebijakan dan komitmen tidaklah mudah ditiru para pesaingnya.

Dalam Pilgub tahun depan, Ahok berencana berpasangan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Namun hingga kini belum ada restu dari PDI-P, partai tempat Djarot bernaung. Menurut Teguh hal itu wajar. 

“PDI-P dari dulu begitu, kalau mengambil keputusan suka di menit terakhir,” kata dia.

Saat ini, Ahok sudah mengantongi dukungan dari Partai Nasdem. Butuh satu atau dua dukungan partai lagi, maka hampir bisa dipastikan Ahok kembali akan memimpin DKI. (***)

Most Popular

To Top