Ibukota

Cari Kulit Kabel, Pasukan Elit Kopaska Susuri Gorong-Gorong di Depan Istana

kopaska

Ayonews, Jakarta

12 anggota Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) menyelam menelusuri gorong gorong depan Istana, Jalan Merdeka Utara. Aksi ini dilakukan untuk mengetahui kedalaman sedimentasi lumpur yang ada di gorong gorong tersebut.

Aksi pasukan Katak dimulai pukul 08.30 WIB, dibantu oleh petugas dari Dinas Tata Air dan petugas PPSU, pasukukan katak tampak terlihat melakukan penyelaman yang dimulai dari aliran kali penghubung Jalan Abdul Muis. Sebelum menyelam, mereka terlihat menggunakan perangkat pakaian selam lengkap. ‎

Komandan Detasmen IV Satuan Kopaska Koarmabar Kapten Pelaut Edy Tirtayasa mengatakan 12 pasukan Katak yang diturunkan ke dalam kali di sekitar Istana untuk memastikan keberadaan tumpukan bungkusan kabel yang sebelumnya ditemukan digorong-gorong disekitar Jalan MH. Thamrin.

“Kami tidak tahu apakah ada kabel atau tidak, pastinya kami saat ini hanya melakukan pengecekan,” ucap Edy.

Ia menyataka selain membawa perangkat selam lengkap, para melakukan penyelaman, pada personil pasukan katak tersebut telah dilengkapi dengan alat navigasi dan lampu penerang serta kamera bawah air.

“Slain itu anggota kami juga melengkapi peralatan proteksi karena kita tidak tahu dibawah ini ada apa saja, apakah ada binatang yang membahayakan atau tidak. Karena ini kan sudah sangat lama,” ucapnya.

Hingga pukul 09.20 WIB, penyelaman di kali penghubung Abdul Muis masih dilakukan. Terlihat beberapa anggota pasukan katak yang masih mengenakan pakaian selam lengkap keluar dari gorong-gorong dan mengangkut beberapa karung lumpur.

“Sejauh ini belum ditemukan itu (bungkusan kabel) kabel) ini baru beberapa karung lumpur saja,” ucapnya. (***)

Most Popular

To Top