Entertainment

3 Anak Perempuan Ngadu ke KPAI Jadi Korban Pelecehan Seksual di Konser EXO

image

Ayonews, Jakarta
Sejumlah penonton anak yang menonton konser EXO di ICE BSD pada 27 Februari 2016 mengaku mengalami dugaan pelecehan seksual saat security process dengan alibo body checking.

Baru 3 anak yang mengaku mendapat pelecehan dan mengadukan kejadian itu kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). KPAI sendiri sudah memproses aduan yang disampaikan

” Kami mengimbau, orang tua yang mengetahui anaknya menonton konser ini untuk berkomunikasi dengan anak, dan melaporkan jika memang anak tersebut juga diduga menjadi korban pelecehan seksual,” jelas Sekretaris KPAI Rita Pranawati dalam keterangan pers, Kamis (3/3/2016).

Rita mengatakan, tujuan untuk melaporkan ini penting agar anak-anak dapat segera keluar dari kondisi trauma dan mendapatkan pendampingan lanjutan secara tepat. KPAI juga mengimbau agar para korban anak ini dengan didampingi orang tua dapat melapor ke KPAI agar dilakukan advokasi secara kolektif.

“Pemeriksaan keamanan dengan dalih apapun tidak diperkenankan menyentuh bagian vital orang yang diperiksa, apalagi hal ini dilakukan dengan pemaksaan.Kondisi ini juga menimbulkan situasi trauma karena dilakukan di tempat terbuka dan ada security guard berjenis kelamin laki-laki,” jelas Rita.

Dalam konteks keamanan bandara sekalipun, lanjut Rita, tidak ada sentuhan ke tubuh karena metal detektor lebih dari cukup untuk pengawasan media perekam ataupun pemeriksaan untuk dugaan ancaman keamanan lainnya.

Jika benar terjadi kejadian ini, tegas Rita, maka terjadi dugaan pelanggaran pasal 76 B dan C, yaitu setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan anak dalam situasi perlakuan salah dan penelantaran; 76 C setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan melakukan menyuruh melakukan atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak.

Ancaman hukuman 76 B paling lama penjara 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp 100 juta; 76C ancaman hukuman paling lama 3 tahun 6 bulan dan atau denda paling banyak Rp 72 juta.

“Sekali lagi, KPAI menyesalkan dugaan kejadian pelecehan seksual ini, dan menghimbau orang tua yang putrinya menjadi korban segera melaporkan kejadian ini ke KPAI,” tutur dia.

Rita menambahkan, KPAI akan melakukan pemanggilan kepada para pihak penyelenggara konser ini utamanya yang bertanggung jawab dengan urusan anak.(***)

Most Popular

To Top