Uncategorized

Tak jadi Tsunami, Warga Mulai Kembali Pulang ke Rumah

image

Ayonews, Padang
Situasi kota Padang, Sumatera Barat berangsur pulih. Warga mulai pulang ke rumah masing-masing setelah ada pengumuman resmi tidak ada tsunami.

Ari Novrianto, warga Padang,  mengungkapkan,  sebelum pencabutan status tersebut, warga berbondong-bondong keluar kota. Mereka langsung menuju jalan bypass sebagai jalur evakuasi.

“Sayalihat sudah banyak warga yang kembali masuk kota. Sebelumnya warga banyak yang mengungsi. Warga banyak yang membawa tas besar-besar bersama keluarganya,” kata Novri.

Sampai saat ini pun, lanjutnya, masih banyak warga  yang  meninggalkan kota. “Maklum warga belum banyak yang tahu pengumuman tidak ada tsunami. Cari aman aja. Jalur menuju jalan bypass masih terjadi kemacetan parah,” jelasnya.

Sementara itu, dari informasi BNPB Sutopo Purwo,  Rabu (2/3/2016), sumber gempa dari sistem patahan Investigator Fracture Zone (IFZ) di Samudera Hindia menyebabkan pergeseran lempeng secara mendasar.

“Sehingga tidak akan membangkitkan tsunami besar. Berupa sistem sesar transform. Mirip gempa di barat daya Simeulue pada 11 April 2012. Goncangan dirasakan di Padang III MMI (lemah),” ujar Sutopo.

Gempa dari kedalaman 10 km di bawah laut itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 19.49 WIB. Lokasi gempa terjadi di 5.16 LS, 94.05 BT atau 682 Km barat Daya Kepulauan Mentawai.(***)

Most Popular

To Top