Ibukota

Gila, Hari Gini Masih Pakai Kajian Jaman Belanda, Pantas Aja Jakarta Banjir

image

Ayonews, Jakarta
Dalam sepekan hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarbya. Meski tidak terjadi banjir besar,  genangan masih ada di beberapa titik ibukota. Di antaranya masih terjafi banjir dan genangan di Jakarta Barat.

Setelah dirunut, banjir dan genanhan kemarin itu terjadi akibat adanya pintu air yang ditutup dan hanya dibuka untuk yang ke arah Banjir Kanal Barat.

Karena itu, mulai hari ini, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ingin agar semua pintu air di Jakarta dibuka terus tanpa sekalipun ditutup.

“Saya rasa sudah ketemu kenapa. Mereka (petugas Dinas Tata Air DKI) salah paham . Tadi saya kumpulkan semua yang menjaga pintu, saya sudah bilang dibuka saja, (Pintu Air) Manggarai jangan ditutup,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Pekerja Harian Lepas (PHL) Dinas Tata Air yang juga dikenal sebagai Pasukan Biru itu telah salah memahami prosedur pengelolaan tiap-tiap pintu air. Mereka malah menutup pintu air, soalnya mereka masih mengacu pada Prosedur Tetap (Protap) Tahun 1973 yang bersumber pada kajian Belanda.

“Tahu enggak dia pakai Protap tahun berapa? Gila, Tahun 1973! Padahal waktu itu belum ada Waduk Pluit, Pasar Ikan, (kali di) Gunung Sahari belum dipasang sheetpile (dinding turap), Pintu Air Manggarai belum ditambah satu,” kata Ahok.

Ahok menegaskan, Jakarta sudah berubah. Tak perlu lagi main tutup pintu air. Padahal sejak 2014, pintu-pintu air sudah diinstruksikan untuk dibuka saja. Namun kemarin malah ditutup lagi karena balik mengacu pada Protap Tahun 1973.

“Justru saya marah, kenapa kalian tutup lagi. Tadi saya sudah memberi pengertian, sudah sepakat,” kata Ahok.

Kuncinya, kata Ahok, ada di pintu air Manggarai. Pintu air yang satu ini harus tetap dibuka terus. Ada satu pengecualian, pintu air ini perlu ditutup saat musim kemarau agar sungai tak kering.

“Kecuali saat kemarau. Kita enggak mau hulunya Ciliwung kering. Kalau kering diduduki orang, bikin rumah. Nah kita tetap, musim hujan buka semua,” tuturnya.(***)

Most Popular

To Top