Hukum & Kriminal

Hakim Tolak Seluruh Gugatan Pra Peradilan Jessica Wongso

pengacara-jessica

Ayonews, Jakarta

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak seluruh gugatan praperadian yang diajukan tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso. Hakim menilai mekanisme proses penyidikan sampai penahanan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian sudah sesuai dengan prosedur.
Menurut ketua majelis hakim I Wayan Merta, setelah pihaknya mencermati tindakan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, mereka telah sesuai dengan ketentuan undang-undang, KUHAP, khususnya tentang penahanan.
“Termohon telah melakukan pemohon adalah sah menurut hukum,” kata Wayan saat membacakan putusan di Gedung

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (1/3).
Menurut Wayan, penahanan yang dilakukan oleh penyidik adalah sah menurut hukum. Alasannya, dalam UU disebut bahwa alasan menahan seseorang adalah kekawathiran melarikan diri. “Selain itu ada kekawathiran menghilangkan alat bukti dan mengulangi tindak pidana,” lanjutnya.
“Dengan demikian, hakim tak sependapat dengan keterangam diatas (pemohon),” tambahnya.
Setelah membacakan keputusan, Wayan menjelaskan tidak ada alasan mengeluarkan Jessica dari dalam tahanan dan mencabut cekal tersangka pembunuh Mirna Salihin itu. “Hakim meminta agar penyidik melanjutkan proses penyidikan dan meneruskan penahanan,” tutup Wayan. (***)

Most Popular

To Top