Entertainment

Sejarah Tubuh Ideal Wanita

Ayonews, Jakarta

Menjadi cantik merupakan hal yang di idam-idamkan setiap wanita, namun ternyata tak semua era standar kecantikannya sama. Di bawah ini adalah perkembangan tubuh ideal wanita sejak dulu hingga sekarang.

1.Full – Figured

Memang sulit untuk dibayangkan, namun di jaman Renaissance tubuh yang berisi atau gemuk dianggap lebih menarik ketimbang yang biasa saja. Pada saat itu, bertubuh kurus disimbolkan sebagai orang miskin karena dianggap tidak dapat membeli makanan. Jika kita perhatikan wanita pada lukisan jaman itu terlihat bahwa para perempuannya terlihat lebih berisi ketimbang standar kecantikan yang kita panuti sekarang.

2. Tiny-Waists

Berbeda dengan jaman Reinaissance, para wanita lebih berfokus dalam mempunyai pinggang yang kecil di era Victoria. Mereka secara ekstrem membuat pinggangnya menjadi kecil menggunakan korset yang membuat mereka susah bernafas atau pun duduk. Bahkan, ada yang mempunyai permasalahan di organ atau tulang rusuknya karena memaksakan untuk mendapatkan ukuran pinggang sebesar 12 inci saja.

3. The Androgynous Look

Pada tahun 1920, jarang wanita yang ingin menampilkan lekukan tubuhnya oleh karena itu baju yang mereka pakai seperti sengaja membuat mereka lebih maskulin. Bahkan ada yang membabat bagian dadanya dengan perban sehingga dada mereka terlihat rata.

4. Meniru Artis Hollywood

Era di antara tahun 1930-an hingga 1950-an, para wanita berlomba-lomba untuk terlihat seperti artis Hollywood. Berbeda dengan tahun 1920, kali ini para wanita ingin memperlihatkan lekuk tubuhnya seperti yang Marilyn Monroe lakukan. Sehingga, pada tahun ini para wanita sibuk berolahraga untuk dapat memperlihatkan tangan dan kaki mereka yang proposional.

5. Dangerously Thin

Di tahun 1960, para wanita ingin mempunya tubuh yang kurus karena kali ini mereka terobsesi dengan supermodel. Disinilah terjadi banyak eating disorder dan berlangsung selama 2 dekade.

6. Aerobic Body

Pada tahun 1980 banyak orang yang memilih untuk mendapatkan tubuh aerobik. Mereka memakai baju spandek ketat sambil menunjukan otot tubuh mereka yang pas.

7. Being Skinny Strikes Back Again

Di tahun 1990-an, supermodel Kate Moss datang dan kembali membuat kurus berjaya lagi. Bahkan, laki-laki pun mengikuti trend ini. Banyak sekali yang mendapatkan tubuh seperti dengan menggunakan obat atau tidak makan sama sekali.

8. Curvy is Back

Setelah berdekade lamanya dilupakan, kini tubuh berlekuk kembali dirangkul. Sekarang sudah banyak para model dan selebritis yang menjadi panutan penonton bertubuh berisi.

Meski begitu, masih banyak pula health disorder yang terjadi dalam kehidupan kita ini. Marilah kita mencintai tubuh kita bagaimanapun bentuknya. (NA)

 

 

 

Most Popular

To Top