Entertainment

Cadel dan Solusinya

Ayonews, Jakarta

Pernahkah anda melihat orang-orang yang kesusahan dalam melafalkan huruf R atau K? Kebanyakan orang berpendapat hal tersebut terjadi karena keadaan lidah yang pendek. Namun, tidak selalu itu alasannya.

Terjadinya kondisi tersebut dikarenakan ketidakmampuan salah satu bagian lidah bekerja secara maksimal sehingga kekuatan lidah dan fungsi koordinasinya terganggu. Sebab jika kedua hal itu terganggu, maka pelafalan huruf atau katapun terganggu dan itulah yang biasa kita sebut ‘cadel’.

Banyak yang dapat menjelaskan terjadinya cadel, seperti bawaan lahir maupun kebiasaan kultur sekitar. Namun, kondisi ini sebenarnya bisa dijelaskan secara medikal. Cadel terjadi ketika bagian lidah kita yang bernama frenulum linguae yang apabila panjangnya kurang ideal membuat lidah kita sulit bergetar.

Meski tidak berbahaya namun terdapat beberapa cara dalam mengatasi cadel.

  • Orang tua harus menuntun anaknya berbicara dengan pelafalan yang benar. Terdapat banyak alternatif yang bisa digunakan seperti belajar menggunakan lagu atau membaca dongeng. Dengan latihan seperti ini, anak dapat melatih gerakan lidah dan artikulasi yang benar.

 

  • Apabila, penyebab cadel adalah faktor psikologi, bisa disembuhkan dengan terapi bicara.

 

  • Jika cadel di karenakan gangguan anatomis maka dapat disembuhkan dengan pembedahan pada tali lidah yang terlalu pendek tersebut. (NA)

Most Popular

To Top