Nasional

Plastik Berbayar Rugikan Konsumen

President-Jokowi-holds-dialogue

Ayonews, Jakarta

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), menilai kebijakan ‎ uji coba kantong plastik berbayar sebesar Rp 200 per kantong di tiap Supermarket sangat merugikan masyarakat sebagai konsumen.‎

‎Peneliti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Husna Zahir, mengatakan kebijakan tersebut harus terlebih dahulu di sosialisasikan oleh pemerintah untuk diketahui oleh masyarakat luas. 

Sehingga masyarakat atau konsumen tidak merasa dirugikan dengan kebijakan tersebut.

“Kebijakan itu harus disosialisasikan agar konsumen tidak merasa dirugikan, kemudian tujuan dari kebijakan itu untuk apa ?,” Ucap Husna.

Sementara, ‎ Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey mengatakan, sebagian besar anggotanya siap turut melaksanakan uji coba kantong plastik berbayar pada 21 Februari 2016.

Pihaknya mengharapkan uji coba ini dapat berjalan lancar mengingat masyarakat sudah terbiasa dengan kantong plastik gratis saat berbelanja. Karena itu, lewat uji coba penerapan kantong plastik berbayar ini sebagai awal sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Ia menambahkan, tujuan penerapan kantong plastik berbayar ini agar  masyarakat membawa kantong sendiri. Langkah dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik. (***)‎

Most Popular

To Top