Entertainment

Kuliner Pilihan Khas Bangka Belitung

Ayonews, Jakarta

Siapa yang bisa lupa dengan salah satu film Indonesia yang diadaptasikan dari buku berjudul sama, yaitu Laskar Pelangi? Bukan hanya dari sisi penceritaannya yang baik, namun juga pemandangan Bangka Belitung yang terlihat jelas di film ini.

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah sekaligus kaya keindahan alamnya. Tetapi, dengan begitu banyak tempat wisata yang bisa didatangi, hal lain yang perlu diperhitungkan adalah wisata kulinernya.

Berikut merupakan 4 makanan khas yang perlu di coba asal Bangka Belitung.

1. Lempah
Rusip

Rusip

 
Lempah merupakan masakan berbuah yang berbahan dasar sesuai dengan keinginan pembuatnya sambil dibumbui rempah-rempah beraroma kuat. Biasanya bahan dasar yang sering digunakan ialah makanan laut atau daging sapi. Namun terdapat satu makanan Lempah yang unik yang biasa disebut Lempah Darat. Lempah ini memadukan sayuran dengan kacang-kacangan.
2. Rusip 
 
Rusip merupakan salah satu masakan asal Bangka Belitung yang unik karena merupakan pengabungan budaya Belitung dan Jawa. Menggunakan ikan teri sebagai bahan baku utama kemudian dimasukan ke dalam pot atau guci sehingga terjadi proses fermentasi yang dibutuhkan. Kemudian diberi sentuhan khas Jawa, yaitu Gula Jawa.

balacan

Balacan

3. Balacan

 

Belacan sering menjadi bumbu bagi berbagai macam masakan. Sambal ini dibuat dengan cara memanggang terasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian terasi yang sudah dipanggang dimasukkan ke lumpang atau ulekan dan dimasukkan beberapa macam cabe dan bumbu-bumbu lain. Kemudian bahan-bahan tersebut diulek menjadi satu hingga halus dan tercampur rata. Yang membuat sambal ini berbeda adalah campuran perasan jeruk kunci. Jeruk kunci merupakan jeruk yang sangat asam dan biasa disebut juga dengan jeruk sambal atau jeruk calong.Sensasi sambal yang memiliki begitu banyak rasa inilah yang membuat sambal ini sungguh spesial.

4. Kecalo

Berbahan dasar udang yang difermentasikan yang kemudian ditambahkan garam, membuat kuliner yang satu ini terasa gurih.Biasanya kecalo dapat menjadi bumbu saat membuat telok ceplok atau juga pelengkap berbagai kuliner. (NA)

Most Popular

To Top