Entertainment

Kuliner Khas Asal Bengkulu

Ayonews, Jakarta

Provinsi Bengkulu biasanya identik dengan bunga raksasanya, yaitu Rafflessia Arnoldi atau sering juga disebut bunga bangkai karena aromanya yang kurang sedap. Tetapi bukan hanya itu saja yang menarik dari provinsi ini, Bengkulu ternyata juga memiliki beragam kuliner khas asli daerahnya.

Di bawah ini, terdapat 4 makanan asal Bengkulu yang patut dicoba versi ayonews.com.

 1. Pendap

pendap

Pendap terbuat dari berbagai macam bumbu yang kemudian dicampur merata bersama parutan kelapa muda. Setelah tercampur rata, bumbu dimasukan kedalam bungkusan daun talas berisi sepotong ikan yang kemudian di rebus selama 8 jam. Makanan ini memiliki rasa pedas dan gurih, sehingga sangat pas saat dipasangkan dengan nasi.

2. Gulai Kemba’ang

Masakan tradisional khas daerah Bengkulu ini berbahan dasar dari iga sapi. Kemudian diracik menggunakan beragam jenis bumbu yang menjadikan masakan ini terasa sangat gurih.

Gulai-Iga-Kembaang-300x225

3. Kue Tat

Kue Tat yang sering ditemui di hari-hari besar Bengkulu ini terbuat dari campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam dan mentega. Pembuatan kue inipun tidaklah gampang karena diharuskan mempunyai keterampilan khusus dari orang yang telah berpengalaman. Menurut cerita, kue ini merupakan makanan khas para raja di Bengkulu pada zamannya.

4. Bagar Hiu

Seperti namanya, makanan khas Bengkulu yang satu ini berbahan dasar ikan hiu. Ikan hiu yang telah dipotong-potong dan diberi jeruk nipis hingga amisnya hilang. Kemudian, bumbu-bumbu ditumis hingga harum, lalu tambahkan sedikit air. Setelah mendidih tambahkan asam, tunggu hingga masak dan voila! siap untuk dihidangkan.(NA)

 

Most Popular

To Top