Hukum & Kriminal

Gadis SMP Melahirkan, Bayinya Dibuang di Makam

bayi

Ayonews, Yogyakarta
Warga Desa Ngepohsari, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta dihebohkan dengan penemuan sesosok mayat bayi berusia sekira lima bulan di kompleks pemakaman desa setempat Sabtu (20/2/2016).
Polisi berhasil mengamankan orangtua bayi yang ternyata warga sekitar dan masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Kasatreskrim Polres Gunungkidul AKP Mustijad Priyambodo mengungkapkan, awal penemuan bayi tersebut dari kecurigaan Puji Utomo, juru kunci makam dengan bau menyengat di sekitar makam.
“Saksi yang mencium bau tak sedap lalu memberitahu kepada warga. Setelah dibuka bungkusan berisi mayat bayi,” katanya.
Lalu, mereka melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian, petugas pun segera melakukan olah TKP. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan tim Inafis Polres Gunungkidul, diketahui kondisi bayi tersebut sudah dalam keadaan membusuk.
Polisi lalu meminta keterangan sejumlah saksi. Setelah memeriksa saksi, mengarah pada pasangan Pr (20) dan R (16) pelajar warga sekitar yang diduga menjadi pelaku pembuangan bayi.

“Pelaku sudah kita amankan untuk dilakukan penyelidikan,” katanya.
Mustijad menerangkan, dari keterangan keduanya mereka pacaran mulai bulan Agustus 2015. Setelah beberapa minggu pacaran diketahui R hamil. Keduanya sudah mencoba untuk menggugurkan kandungan. “Mereka mencoba ramuan dengan jus nanas, minuman bersoda ditambah obat,” jelasnya.
Setelah beberapa kali melakukan percobaan, akhirnya pada tanggal 11 Februari malam pelaku mengeluh sakit perut. “Hari Jumat 12 Februari dinihari melahirkan normal tanpa bantuan siapapun. Lalu disekap sampai meninggal,” ucapnya.
Bayi yang sudah meninggal kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan kardus kemudian di buang ke makam desa setempat. Saat ini mayat bayi berada di kamar jenazah RSUD Wonosari.(***)

Most Popular

To Top