Hukum

KPK Bidik Tersangka Baru dalam Kasus Damayanti

damayanti
Ayonews, Jakarta
Dalam kasus suap proyek infrastruktur yang menjerat anggota DPR Damayanti Wisnu Putranti, bakalan ada tersangka baru yang akan dijerat KPK.
“Iya, iya. Soal itu akan ada pemberitahuan laporan. Insya Allah dalam satu dua hari itu (tersangka baru, red) akan diumumkan,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif usai mengikuti diskusi Gerakan Anti Korupsi di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (18/2/2016).

Syarif tidak merinci hasil penyidikan termasuk dugaan adanya keterlibatan anggota Komisi V DPR lainnya dalam kasus ini. “Saya nggak tahu detailnya soal itu,” sebutnya.
Terkait kasus Damayanti, penyidik KPK hari ini memeriksa anggota Komisi V DPR Musa Zainudin sebagai saksi.

Sebelumnya, Musa telah dipanggil pada Jumat (12/2) bersama dengan rekannya sesama di Komisi V Andi Taufan Tiro. Tapi, politikus PKB itu tidak hadir dengan alasan sakit.
Selain Musa, penyidik KPK memanggil seorang tenaga ahli pada Komisi V DPR bernama Suratin. Dia juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Abdul Khoir.
Sebelumnya, usai menjalani pemeriksaan pada Jumat (12/2), Andi Taufan membantah terkait adanya aliran duit ke anggota Komisi V lainnya, termasuk kepada dirinya. Ditanya hubungan dirinya dengan tersangka Abdul Khoir, Andi juga mengelak.
“Wah, enggak benar itu. Saya tidak tahu itu (soal aliran duit), tidak paham itu. Saya enggak paham (hubungan dengan Abdul Khoir),” tuturnya.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Damayanti Wisnu Putranti, Julia Prasetyarini, Dessy A Edwin, dan Abdul Khoir sebagai tersangka kasus penyuapan pemutusan proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Damayanti disangka telah menerima suap senilai SGD 404 ribu.(***)

Most Popular

To Top