Hukum & Kriminal

Polisi Buru Pelaku yang Jual 3 Wanita Sukabumi ke Malaysia

ilustrasi-perdagangan-manusia
Ayonews, Sukabumi
Seorang pelaku perdagangan manusia atau trafficking diburu Polres Sukabumi Kota s. Para pelaku itu merekrut wanita asal Sukabumi untuk dibawa ke luar negeri khususnya Malaysia.
“Tersangka D masih dalam pengejaran aparat kepolisian,” ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Diki Budiman kepada wartawan Rabu (17/2). Pelaku berperan dalam merekrut tiga wanita untuk dipekerjakan ke luar daerah.
Awalnya, tiga wanita tersebut diajak kerja di Jakarta, namun ternyata dibawa ke Malaysia. Di Malaysia mereka dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga (PRT).
Dari tiga wanita itu ujar Diki, dua orang korban berhasil dipulangkan kembali ke tanah air. Namun, satu orang lagi atas nama Eva Siti (19 tahun) warga Kampung Cidadap Pesantren RT 03 RW 07 Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi belum bisa dibawa pulang.
Proses pemulangan korban trafficking di Malaysia ini ungkap Diki masih mengalami kesulitan. Sebab, ada kontrak kerja senilai Rp 15 juta yang informasinya harus dibayarkan kepada penyalur tenaga kerja. “Nanti, kita akan koordinasi dengan intansi terkait untuk segera memulangkannya,” katanya.
Wakil Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemeberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi Elis Nurbaeti megatakan, pihaknya akan berupaya membantu proses pemulangan korban trafficking. Harapannya, korban bisa dibawa pulang dalam waktu cepat ke tanah air.(***)

Most Popular

To Top