Ibukota

Hore… Ahok Bikin AJIB, Layanan Jemput Pengurusan Perizinan Bagi Warga Jakarta, Gratis…tis…tis…

image

Ayonews, Jakarta
Warga Jakarta kembali mendapatkan pelayanan terbaru dari Pemprov DKI Jakarta. Setelah mendapatkan layanan IMB Sehari jadi dan gratis biaya jasa arsitek, kini semua warga Jakarta yang ingin mengurus izin-non perizinan bahkan sama sekali tidak perlu keluar rumah lho…kok bisa?

Ayonews menyambangi  kantor kelurahan di bilangan Gambir Jakarta Pusat. Di sana ketemu seorang warga bernama Rizal, pemilik usaha bengkel motor. Hari ini, Rabu (17/2/2016), pria 35 tahun ini sedang mengurus izin perpanjangan domisili usahanya.

Rizal mengaku penasaran katanya ada kabar ada layanan jemput untuk pengurusan perpanjangan izin domisili usahanya. Karena itu Rizal mengecek kebenaran kabar tersebut. Padahal ia sendiri sudah diberitahu anaknya.

“Pertama kali saya tahu layanan antar jemput ini dari anak saya. Dia bilang papa nggak usah keluar rumah, biar saya telepon petugas AJIB   (Antar Jemput Izin Bermotor) ,” kata Rizal meniru ucapan anaknya.

Rizal sempet berfikir ini seperti layanan ojek online yang lagi booming. Karena penasaran, ia datangi kelurahan terdekat. Petugas kelurahan membenarkan adanya layanan antarelit gratis. Rizal pun pulang ingin membuktikan itu.

Ayonews yang juga penasaran mengikuti langkah Rizal ke bengkelnya. Di bengkel Rizal menelepon layanan antarjemput pengurusan perizinan. Benar, hanya hitungan menit, muncul seorang petugas berseragam dengan surat tugas lengkap dengan tanda pengenal. Rizal dilayani dengan ramah. Petugas itu juga tampak sabar menjawab setiap pertanyaannya.

Rizal senang  layanan AJIB ini benar adanya tidak dipungut biaya sepeser pun. “Gratis mas. Saya tawari tip pun mereka dengan tegas menolak, mendengar itu saya bangga. Mereka benar-benar melayani, nggak seperti petugas kelurahan jaman dulu kalau nggak ada duit nggak mau melayani,” ujarnya.

Rizal mengaku sangat senang dengan terobosan baru Pemerintah DKI Jakarta ini, “Kita benar-benar dimanjakan pemerintah. Sudah seharusnya pemerintah begini yang namanya melayani warganya. Soal pelayanan sudah harusnya daerah lain bisa studi banding ke Jakarta, nggak perlu lagi keluar negeri sana,” ucapnya puas.

Kasatlak Kelurahan Gambir, Ghafiqie mengatakan, ini memang semacam layanan jemput bola. Namanya Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Program ini baru diluncurkan bulan lalu namun sudah banyak mendapat respon positif dari warga.

“Namanya program baru, mungkin pelayanannya masih ada kekurangannya. Semaksimal mungkin layanan ini kami berikan yang terbaik bagi masyarakat,” tuturnya.

Ghafiqie mengaku program ini mendapat respon yang baik dari warga. “Walaupun belum semua warga tahu, program ini akan terus kami sosialisasikan. Pelayanan pun akan terus kami tingkatkan,”  jelasnya.

Layanan AJIB inj dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta. Layanan ini sebagai salah satu revolusi pelayanan publik yang diberkan oleh pemerintah daerah kepada warganya. Pemohon yang ingin mengurus izin usahanya dapat menghubungi di call center (021)1500-164 untuk memesan layanan AJIB ini. GRATIS !

Most Popular

To Top